MENANAMKAN KARAKTER PRO-LINGKUNGAN MENGGUNAKAN SOCIO-SCIENCE TEXTS BERBASIS POTENSI LOKAL
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kondisi lingkungan indonesia yang semakin rusak. Permasalahan ini menggugah pada para pendidik dan pemerhati lingkungan untuk mengembangkan inovasi pembelajaran untuk menumbuhkan karakter pro-lingkungan. Potensi lokal yang belum dimanfaatkan secara optimal juga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran. Media Inovasi ini berupa sosio-science text berbasis potensi lokal. Sosio-science text ini dipilih karena mengenalkan aktivitas-aktivitas pro-lingkungan lebih nyata. Tujuan penelitian ini mengembangkan media untuk menanamkan pro-lingkungan. Penelitian ini merupakan Research and Development. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg and Gall yaitu: penelitian pendahuluan; perumusan tujuan; perancangan format produk dan pembuatan instrumen penilaian sosioscience-text; penyusuanan draft sosioscience-text; validasi oleh teman sejawat, ahli materi, ahli media dan pembelajaran, guru kimia; uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian berupa sosioscience-text untuk menanamkan pro-lingkungan. Materi pro-lingkungan di dalam socio-science text berupa rubrik-rubrik yang mencakup Rethink, Repair, Replace, Reuse, Reduce,dan Recycle (6R) dengan dimensi moral knowing, moral feeling dan moral action. Berdasarkan penilaian oleh teman sejawat, ahli materi, ahli media dan pembelajaran, guru kimia dan siswa sosioscience-text layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : potensi lokal, pro-lingkungan, sosio-science text, karakter
Kata kunci : potensi lokal, pro-lingkungan, sosio-science text, karakter
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 594 timesPDF - 145 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.13-22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University