ANALISIS LINGKUNGAN SMA 02 BATANG TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KIMIA

Anisa Nur Khasanah

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Batang pada mata pelajaran kimia masih tergolong rendah yaitu rata-rata 45 masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di sekolah tersebut yaitu 65. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimiadengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi belajar dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 2 Batang dengan kondisi lingkungan sekitar sekolah yang bersih dan nyamandalammata pelajaran kimia.
Populasi penelitian ini adalah siswa siswi SMA Negeri 02 Batang dari kelas XI MIA 2 yang berjumalah 16 siswa dan X MIA 4 yang berjumlah 16 siswa.Pengambilan sampel secara Purposive Sample. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar dan aktivitas siswa. Data penelitian diambil dengan
menggunakan tes,lembar observasi dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis menggunakan deskriptif grafik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi kebersihan lingkungsn SMA Negeri 02 Batang masih tergolong belum sepenuhnya bersih, karena masih ditemukan sampah didalam kelas atau sekitar lingkungan sekolah. Kebanyakan siswa masih berlaku acuh takacuh terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Hal ini bisa dilihat dari coretan-coretan di bangku sekolah.
Masih kurangnya tingkat kesadaran akan pentingnya kebersihan di kalangan siswa siswi SMA Negerti 02 Batang. Hal ini juga mengakibatkan konsentrasi siswa dalam belajar menurun karena kebersihan di kelas yang kurang mengakibatkan tidak nyaman.
Kata Kunci: Lingkungan, SMA, pembelajaran kimia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.23-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press