MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII F DENGAN MENGGUNAKAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 10 SEMARANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Peneliti sebagai guru model bersama-sama guru pamong kelas VIII F menganalisis hasil evaluasi
dan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, dengan memperhatikan kelemahan/kekurangan
siswa kemudian direfleksikan sebagai bahan masukan untuk menentukan langkah-langkah
perbaikan pada tindakan selanjutnya. Ada beberapa materi yang masih dianggap sulit oleh
beberapa siswa yaitu menyatakan relasi dengan diagram cartesius, menentukan bayangan suatu
fungsi dan menentukan banyaknya fungsi yang dapat dibuat dari dua himpunan. Prestasi siswa
ditunjukkan oleh hasil dari tes formatif 2 sebagai berikut : nilai rata-rata siswa 83,87, ketuntasan
belajar individual 26 orang siswa. Bagi siswa yang belum tuntas diberikan remedial oleh guru
kelas. Dari hasil tes formatif 2 pada siklus 2 terdapat peningkatan prestasi belajar pada materi KD
1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, yang terlihat dari kenaikan nilai rata-rata kelas maupun
persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal, walaupun secara klasikal persentase ketuntasan
belajar siswa masih kurang dari yang diharapkan. Berarti penggunaan alt peraga plus LKPD
sebagai alat bantu pembelajaran matematika pada KD 1.2 Menguraikan Bentuk Aljabar ke Dalam
Faktor-faktornya dan KD 1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VIII F SMP Negeri 10 Semarang semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, LKPD.
dan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, dengan memperhatikan kelemahan/kekurangan
siswa kemudian direfleksikan sebagai bahan masukan untuk menentukan langkah-langkah
perbaikan pada tindakan selanjutnya. Ada beberapa materi yang masih dianggap sulit oleh
beberapa siswa yaitu menyatakan relasi dengan diagram cartesius, menentukan bayangan suatu
fungsi dan menentukan banyaknya fungsi yang dapat dibuat dari dua himpunan. Prestasi siswa
ditunjukkan oleh hasil dari tes formatif 2 sebagai berikut : nilai rata-rata siswa 83,87, ketuntasan
belajar individual 26 orang siswa. Bagi siswa yang belum tuntas diberikan remedial oleh guru
kelas. Dari hasil tes formatif 2 pada siklus 2 terdapat peningkatan prestasi belajar pada materi KD
1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, yang terlihat dari kenaikan nilai rata-rata kelas maupun
persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal, walaupun secara klasikal persentase ketuntasan
belajar siswa masih kurang dari yang diharapkan. Berarti penggunaan alt peraga plus LKPD
sebagai alat bantu pembelajaran matematika pada KD 1.2 Menguraikan Bentuk Aljabar ke Dalam
Faktor-faktornya dan KD 1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VIII F SMP Negeri 10 Semarang semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, LKPD.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 349 timesPDF - 132 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.2.2015.21-27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University