PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS VIIA SMP NEGERI 10 SEMARANG

Endah Rahayuningsih(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar siswa yang belum mencapai Ketuntasan Kelulusan Minimal (KKM) dapat disebabkan
cara atau metode yang diterapkan dalam pembelajaran tidak tepat. Sehingga di dalam pemahaman
suatu materi pembelajran siswa mendapatkan kesulitan. Proses pembelajaran yang masih
menggunakna pendekatan tradisional pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi
nyata berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan minat dan motivasi belajar
siswa. Yang akhirnya akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini
bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan serta
meningkatkan mutu pembelajran. Sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran, mengajak siswa untuk turut berpartisipasi serta dapat meningkat hasil belajar siswa
pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan model
pembelajaran Make A Match, dimana masing-masing siswa diberikan sebuah kartu/kertas yang
berisikan soal serta jawaban dari materi pelajaran yang sedang dipelajari. Setelah kartu diberikan
masing-masing siswa berusaha menemukan pasangan sesuai dengan isi soal atau dilakukan dengan
2 siklus. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap
hasil belajar. Persentasi peningkatan rata-rata siklus I 37,67% dan rata-rata nilai siklus II 66,01%.
Berdasarkan hasil penelitian ini sangat diharapkan agar para guru menggunakan model
pembelajaran seperti ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan disarankan untuk
menggunakan model pembelajaran lainnya sehingga lebih bervariasi.

Kata kunci :  pembelajaran make a match, hasil belajar, teknologi informasi dan komunikasi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 479 times
PDF - 97 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.2.2015.28-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University