“I AM A SURVIVOR” BERVISI SETS UPAYA MENCIPTAKAN KOMUNITAS SADAR BENCANA DI SEKOLAH

Andari Puji Astuti, Eko Yuliyanto

Abstract


Sekolah merupakan satu komunitas dengan tingkat kerentanan yang tinggi. Pengurangan resiko
bencana pada komunitas sekolah menjadi suatu wacana yang penting merujuk data Bank Dunia tahun
2010 yang menyebutkan jumlah sekolah di Indonesia termasuk empat yang terbanyak di dunia.
Tujuan dari penelitian pengembangan model pembelajaran kebencanaan bervisi SETS  ini adalah
sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi bencana
yang bisa terjadi di sekolah dan lingkungan sekitar. Pengetahuan dalam hal ini lebih spesifik pada
kemampuan membedakan jenis bencana, dapat membuat peta jalur evakuasi di masing- masing
sekolah, dan membuat peta kerawanan bencana di lingkungan sekitar peserta didik. Tujuan khusus
yang ingin dicapai dari penelitian yang akan dikembangkan ini adalah meningkatkan pengetahuan,
kemampuan dan kewaspadaan (awareness) peserta didik dan komunitas sekolah menengah,
khususnya SMA terhadap bencana. Metode Penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi
terdiri atas tahapan define, design dan development.  Hasil penelitian menunjukkan terjadinya
perubahan paradigma peserta didik terhadap kemampuanmenghadapi kerentanan dan potensi bencana.  

Kata kunci: Bencana, penanggulangan bencana berbasis komunitas,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.2.2015.35-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press