INOVASI LAPORAN PRAKTIKUM DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA

- Sarjini(1*), Andari Puji Astuti(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu hal penting dalam kegiatan praktikum adalah kegiatan mengkomunikasikan hasil
pengamatan menjadi sebuah konsep. Kegiatan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang sering
dilakukan di sekolah adalah dalam bentuk laporan praktikum. Kelemahan laporan praktikum yang ada
selama ini adalah bentuk laporan yang monoton. Akibatnya, salah satu indikator keterampilan proses
sains, yaitu mengkomunikasikan data, di SMP Negeri 3 Semarang masih relatih rendah. Selain itu,
minat siswa terhadap indikator ini juga rendah. Untuk itu diperlukan adanya inovasi dalam kegiatan
mengkomunikasikan hasil pengamatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran IPA melalui inovasi laporan praktikum
dengan media poster. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis action research (PTK) dengan
tiga kali siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, kreativtas dan minat siswa
terhadap pembelajaran IPA.

Kata kunci : Pembelajaran IPA, Minat, Poster.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2074 times
PDF - 384 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.2.2015.51-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University