INOVASI LAPORAN PRAKTIKUM DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu hal penting dalam kegiatan praktikum adalah kegiatan mengkomunikasikan hasil
pengamatan menjadi sebuah konsep. Kegiatan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang sering
dilakukan di sekolah adalah dalam bentuk laporan praktikum. Kelemahan laporan praktikum yang ada
selama ini adalah bentuk laporan yang monoton. Akibatnya, salah satu indikator keterampilan proses
sains, yaitu mengkomunikasikan data, di SMP Negeri 3 Semarang masih relatih rendah. Selain itu,
minat siswa terhadap indikator ini juga rendah. Untuk itu diperlukan adanya inovasi dalam kegiatan
mengkomunikasikan hasil pengamatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran IPA melalui inovasi laporan praktikum
dengan media poster. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis action research (PTK) dengan
tiga kali siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, kreativtas dan minat siswa
terhadap pembelajaran IPA.
Kata kunci : Pembelajaran IPA, Minat, Poster.
pengamatan menjadi sebuah konsep. Kegiatan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang sering
dilakukan di sekolah adalah dalam bentuk laporan praktikum. Kelemahan laporan praktikum yang ada
selama ini adalah bentuk laporan yang monoton. Akibatnya, salah satu indikator keterampilan proses
sains, yaitu mengkomunikasikan data, di SMP Negeri 3 Semarang masih relatih rendah. Selain itu,
minat siswa terhadap indikator ini juga rendah. Untuk itu diperlukan adanya inovasi dalam kegiatan
mengkomunikasikan hasil pengamatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran IPA melalui inovasi laporan praktikum
dengan media poster. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis action research (PTK) dengan
tiga kali siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, kreativtas dan minat siswa
terhadap pembelajaran IPA.
Kata kunci : Pembelajaran IPA, Minat, Poster.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2074 timesPDF - 384 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.2.2015.51-55
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University