KORELASI METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINDSET SISWA PADA PELAJARAN KIMIA
(1) Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah mindset. Mindset inilah yang menentukan
bagaimana sebuah potensi, kecerdasan, tantangan, dan peluang sebagai sebuah proses yang harus
diupayakan dengan ketekunan, kerja keras dan usaha sehingga tujuan untuk mencapai hasil belajar
yang maksimal akan tercapai. Siswa dengan mindset berkembang selalu memandang bahwa bakat,
kecerdasan, dan kualitas adalah sesuatu yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan. Sebaliknya,
siswa dengan mindset tetap selalu memandang bahwa bakat, kecerdasan, dan kualitas adalah given
(sudah ditetapkan). Berdasarkan pernyataan tersebut maka timbul suatu pertanyaan apakah metode
pembelajaran berpengaruh terhadap mindset siswa kelas XI IPA 1 , 2, dan 3 SMAN 15 Semarang
pada pelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi metode pembelajaran
terhadap mindset siswa kelas XI IPA 1, 2, dan 3 SMAN 15 Semarang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data kuesionar dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah mindset respon siswa tergolong baik berdasarkan nilai rata-rata pada angket mindset yaitu sebesar 3,76. Metode pembelajaran kimia yang
diterapkan oleh guru juga baik berdasarkan nilai rata-rata siswa yang kebanyakan melewati batas
KKM yaitu sebesar 77. Berdasarkan penelitian tersebut terdapat korelasi metode pembelajaran
terhadap mindset siswa pada pembelajaran kimia.
Kata kunci: Mindset, Metode Pembelajaran, Siswa, Kimia
bagaimana sebuah potensi, kecerdasan, tantangan, dan peluang sebagai sebuah proses yang harus
diupayakan dengan ketekunan, kerja keras dan usaha sehingga tujuan untuk mencapai hasil belajar
yang maksimal akan tercapai. Siswa dengan mindset berkembang selalu memandang bahwa bakat,
kecerdasan, dan kualitas adalah sesuatu yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan. Sebaliknya,
siswa dengan mindset tetap selalu memandang bahwa bakat, kecerdasan, dan kualitas adalah given
(sudah ditetapkan). Berdasarkan pernyataan tersebut maka timbul suatu pertanyaan apakah metode
pembelajaran berpengaruh terhadap mindset siswa kelas XI IPA 1 , 2, dan 3 SMAN 15 Semarang
pada pelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi metode pembelajaran
terhadap mindset siswa kelas XI IPA 1, 2, dan 3 SMAN 15 Semarang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data kuesionar dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah mindset respon siswa tergolong baik berdasarkan nilai rata-rata pada angket mindset yaitu sebesar 3,76. Metode pembelajaran kimia yang
diterapkan oleh guru juga baik berdasarkan nilai rata-rata siswa yang kebanyakan melewati batas
KKM yaitu sebesar 77. Berdasarkan penelitian tersebut terdapat korelasi metode pembelajaran
terhadap mindset siswa pada pembelajaran kimia.
Kata kunci: Mindset, Metode Pembelajaran, Siswa, Kimia
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1117 timesPDF - 302 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.37-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Muhammad Dinar Ramadhan, Eny Winaryati Winaryati
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University