ANALISIS BAHAN AJAR MODEL PEMBELAJARAN ALID (ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY) PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMA N 7 SURAKARTA

Desy Fajar Priyayi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar model pembelajaran ALID padamateri jaringan tumbuhan kelas XI SMA N 7 Surakarta. Bahan ajar model pembelajaran ALIDdisusun seiring dengan pengembangan model pembelajaran ALID. Prosedur pengembangan sesuaidengan Borg&Gall dengan tahapan: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3)pengembangan produk model awal, 4) uji coba permulaan, 5) revisi produk pertama, 6) uji lapanganterbatas, 7) revisi produk kedua. Analisis kelayakan produk bahan ajar dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif (teknik persentase). Penilaian kelayakan bahan ajar dilakukan olehpara ahli, praktisi ,dan siswa. Komponen penilaian kelayakan meliputi materi, isi, ketercernaan,bahasa, dan tampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar model ALID layak untuk diterapkanpada materi jaringan tumbuhan dengan kategori sangat baik menurut ahli dan praktisi, serta kategoribaik oleh siswa.

Kata kunci: Bahan ajar, model ALID, accelerated learning, discovery


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.29-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Desy Fajar Priyayi



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press