STUDI PENDAHULUAN: PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK BERORIENTASI APLIKASI (APPLICATION-ORIENTED)

(1*), Artina Diniaty(2)


(1) Pendidikan Kimia, Universitas Islam Indonesia
(2) Pendidikan Kimia, Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Mata praktikum kimia organik merupakan bagian dari pengalaman belajar mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan keterampilan sains, terutama di bidang kimia organik. Pelaksanaan praktikum yang memakan waktu lama dengan judul praktikum yang tidak menarik dapat menurunkan minat mahasiswa selama kegiatan praktikum berlangsung. Hal ini akan menghambat tercapainya capaian pembelajaran mata praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlunya diterapkan praktikum kimia organik berorientasi aplikasi (application-oriented, AO) untuk meningkatkan minat, kecakapan hidup (life skills) dan kompetensi profesional mahasiswa sebagai calon guru kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioiner dan observasi sedangkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mata praktikum yang telah dilaksanakan belum sepenuhnya dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mencapai kompetensi profesional guru kimia sehingga perlu diterapkan praktikum berbasis aplikasi pada mata praktikum kimia organik

Keywords


praktikum, kimia organik, application oriented, life skills

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Susilaningsih, E., Instrumen Penilaian Praktikum Kimia dan Estimasi Reliabilitasnya dengan Koefesien Generalisabilitas, Prosiding, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VI UNS 2014, ISBN: 979363174-0.

Utomo, T., & Ruijter, K. 1994. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan: Manajeman Perkuliahan dan Metode Perbaikan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utomo, M.P., Sari, L.P., & Budiasih, K.S., 2010, Penerapan Praktikum Berorientasi Aplikasi pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Anorganik I dan II, Prosiding, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia UNY 2010, ISBN: 978-979-98117-7-6.

Widjajanti, E., Rohaeti, E., & SYL, I., 2010, Penerapan Praktikum Kimia Bermuatan Life skills sebagai Upaya Mempersiapkan Calon Guru yang Berkarakter, Cakrawala Pendidikan, Edisi Khusus Dies Natalis, 204-211.


Article Metrics

Abstract view : 2025 times
PDF - 371 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.1.2017.41-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University