IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR MODEL KOLB TERHADAP PESERTA DIDIK MAN II YOGYAKARTA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik dan mengetahui korelasi antara kemampuan spasial dan gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang meliputi diverger, assimilator, converger, dan accomodator. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 52 peserta didik XI MIPA MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 dan 270 peserta didik dari 6 sekolah yang ada di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket KLSI (Kolb Learning Style Inventory). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dari MAN II Yogyakarta memiliki kecenderungan pada gaya belajar assimilator sebanyak 19 peserta didik atau 36,5%, gaya belajar diverger sebanyak 17 peserta didik atau 32,6%, gaya belajar converger sebanyak 11 peserta didik atau 21,2%, dan gaya belajar accomodator sebanyak 5 peserta didik atau 9,6%. Peserta didik dari 6 sekolah di Yogyakarta memiliki kecenderungan pada gaya belajar assimilator sebanyak 96 peserta didik atau 35,5%, gaya belajar diverger sebanyak 93 peserta didik atau 34,4%, gaya belajar converger sebanyak 53 peserta didik atau 19,6% dan gaya belajar accomodator sebanyak 28 peserta didik atau 10,3%. Terdapat korelasi antara kemampuan spasial dan gaya belajar yang ditunjukkan oleh 19 peserta didik XI MIPA MAN II Yogyakarta memiliki nilai kemampuan spasial dan nilai ulangan harian hidrokarbon diatas nilai KKM materi hidrokarbon sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki peserta didik yaitu gaya belajar tipe assimilator.
Kata Kunci: gaya belajar model Kolb, diverger, converger, assimilator, accomodator
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 649 timesPDF - 134 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.47-55
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University