PENGARUH VLOG PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ZAMAN NOW

inda yatmi(1*)


(1) SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


PENGARUH VLOG PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ZAMAN NOW

Oleh:Indayatmi

Program keahlian kimia analisis SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta

[email protected]

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh vlog pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis SMK Negeri 2 Depok tahun 2017/2018. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 4 tahap yaitu pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi hasil belajar, penilaian proses vlog pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vlog pembelajaran berpengaruh pada peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis yaitu hasil belajar rata-rata pada prasiklus sebesar 69, siklus 1 sebesar 81, siklus 2 sebesar 85, siklus 3 sebesar 87. Penggunaan vlog pembelajaran berpengaruh pada peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada pra siklus sebanyak 10 peserta didik, siklus 1 sebanyak 27 peserta didik, siklus 2 sebanyak 29 peserta didik, dan siklus 3 sebanyak 30 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah vlog pembelajaran mempengaruhi peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis SMK Negeri 2 depok tahun 2017/2018.

Kata Kunci : vlog pembelajaran; Analisis Titrimetri; hasil belajar


Keywords


learning-vlog; chemical-analysis; learning results

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 595 times
PDF - 130 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.56-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University