PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERPENDEKATAN ETNOSAINS

Setyo Eko Atmojo(1*)


(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains dimulai dengan mengembangkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, LKS, LDS dan alat evaluasi yang kemudian seluruh perangkat tersebut divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplemantasikan. Selama uji coba, dilakukan pengamatan aktivitas siswa, pemberian angket keterterapan pembelajaran dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains terbukti efektif mampu memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


IPA terpadu, etnosains, aktivitas siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Darsono, M. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.

Davut, H. 2008. The examination of the basic skill levels of the Students’ in accordance with the perceptions of Teachers, parents and students. International Journal of Instruction. 1/2 : 39-56.

Hake. R.R. 2005. Will the No Child Left Behind ActPromote Direct Instruction of Science?. American Journal of Physics. 50/1 :1-23.

Hobri. 2009. Metode Penelitian Pengembangan (Developmental Research)(Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember Press.

Joseph, M.R. 2010. Ethnoscience and Problems of Method in the Social Scientific Study of Religion. Oxfordjournals. 39/3 : 241-249.

National Research Council (NRC). ( 1996). National Science Education Standards. Washington: National Academy Press

Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J.,Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya Model Inovasi Pembelajaran Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. 6/2 : 83-98.

Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas. Ekonomi UI

Temiz-Mehmet, dan Mustafa. 2006. Development and validation of a multiple format test of science process skills. International Education Journal. 7/7: 1007-1027.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

UNESCO. 2002. Universal Declaration on Cultural Diversity. Issued. International Mother Language Day. Retrieved: 2006-06-23.


Article Metrics

Abstract view : 2161 times
PDF - 376 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University