PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERPENDEKATAN ETNOSAINS
(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains dimulai dengan mengembangkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, LKS, LDS dan alat evaluasi yang kemudian seluruh perangkat tersebut divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplemantasikan. Selama uji coba, dilakukan pengamatan aktivitas siswa, pemberian angket keterterapan pembelajaran dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains terbukti efektif mampu memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darsono, M. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.
Davut, H. 2008. The examination of the basic skill levels of the Students’ in accordance with the perceptions of Teachers, parents and students. International Journal of Instruction. 1/2 : 39-56.
Hake. R.R. 2005. Will the No Child Left Behind ActPromote Direct Instruction of Science?. American Journal of Physics. 50/1 :1-23.
Hobri. 2009. Metode Penelitian Pengembangan (Developmental Research)(Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember Press.
Joseph, M.R. 2010. Ethnoscience and Problems of Method in the Social Scientific Study of Religion. Oxfordjournals. 39/3 : 241-249.
National Research Council (NRC). ( 1996). National Science Education Standards. Washington: National Academy Press
Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J.,Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya Model Inovasi Pembelajaran Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. 6/2 : 83-98.
Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas. Ekonomi UI
Temiz-Mehmet, dan Mustafa. 2006. Development and validation of a multiple format test of science process skills. International Education Journal. 7/7: 1007-1027.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
UNESCO. 2002. Universal Declaration on Cultural Diversity. Issued. International Mother Language Day. Retrieved: 2006-06-23.
Article Metrics
Abstract view : 2161 timesPDF - 376 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University