PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING ) DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN LIMBAH B3

Hans Kristianto, Tedi Hudaya

Abstract


Perubahan metode pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada pengajar (teacher-centered learning) menjadi berpusat pada siswa (student-centered learning), menuntut penggunaan berbagai model pembelajaran yang inovatif. Dalam penelitian ini dipaparkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning; PBL) dalam mata kuliah Manajemen Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) di Program Studi Teknik Kimia UNPAR pada semester genap 2016/2017, dengan tujuan mengamati  perubahan gaya belajar mahasiswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model PBL dengan menggunakan kuesioner Grasha. Selain itu mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Teramati perubahan gaya belajar mahasiswa, yaitu pada menurunnya gaya belajar avoidant, kenaikan pada gaya belajar competitive dan collaborative. Sekalipun terlihat perubahan, hasil tersebut belum signifikan secara statistik. Hasil umpan balik dari mahasiswa peserta kuliah pun cukup positif, karena mahasiswa merasa lebih aktif, belajar bekerja dalam tim, dan berkomunikasi. Hasil-hasil positif yang ditunjukkan dalam penerapan model PBL pada mata kuliah ini membuka peluang untuk menerapkan model pembelajaran serupa pada berbagai mata kuliah lain.


Keywords


gaya belajar; pendidikan teknik kimia; pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Felder, R. M., & Brent, R. (2003). Designing and teaching courses to satisfy the ABET engineering criteria. Journal of Engineering Education, 92(1), 7-25.

IChemE. (2017). Accreditation of chemical engineering programmes. Diakses tanggal 5 Agustus 2018 dari http://www.icheme.org/~/media/Documents/icheme/Membership/Accreditation/Accreditation%20guidance%20V20%20Final%2011%20Aug%202017.pdf

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2012). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121-123.

Novak, S., Shah, S., Wilson, J. P., Lawson, K. A., & Salzman, R. D. (2006). Pharmacy Students’ Learning Styles Before and After a Problem-based Learning Experience. American Journal of Pharmaceutical Education, 70(4), Article 74.

Powell, L. A. (2009). The Role of Learning Styles in Student Evaluations of a Problem-based Learning Course. Transformative Dialogues: Teaching & Learning Journal, 2(3), 1-15.

Riechmann, S. W., & Grasha, A. F. (1974). A Rational Approach to Developing and Assessing the Construct Validity of a Student Learning Style Scales Instrument. The Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 87(2), 213-223.

Santoso, M., Putra, A., Muhidong, J., Sailah, I., Mursid, S., Rifandi, A., Endrotomo. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia




DOI: https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.41-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press