PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA

astalini astalini(1*), Dwi Agus Kurniawan(2)


(1) universitas jambi
(2) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan instrumen  penilaian sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA. Instrumen yang dikembangkan berupa angket yang terbagi menjadi pernyataan positif dan pernyataan negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau umumnya dikenal dengan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa SMPN Se-Kabupaten Muaro Jambi dengan menggunakan teknik purpossive sampling, maka sampel penelitian sebanyak 550 siswa. Hasil penelitian menunjukkan instrumen angket yang valid sebanyak 56 butir dari total 70 butir pernyataan, dengan nilai reliabilitas (cronbach alpha) sebesar 0,842.


Keywords


pengembangan instrumen, sikap siswa, IPA

Full Text:

PDF

References


Adams, W.K., et al. (2006). New instrument for measuring student beliefs about physics and learning physics: The Colorado Learning Attitudes about Science Survey. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 2,

Blalock, C.,L., et al. 2013. In Pursuit of Validity: A comprehensive review of science attitude instruments 1935–2005. International Journal of Science Education.

Darmawangsa, Rio. (2017). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. Universitas Jambi : Jambi.

Dhamayanti, M., Rachmawati, A. D., Arisanti, N., Setiawati, E. P., Rusmi, V. K., Sekarwana, N. (2018). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan Terhadap Anak “ICAST-C” versi bahasa Indonesia. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 5(3).

Fraser, B. J. (1981). TOSRA: Test of Science-related Attitudes. Handbook: Australian Council for Educational Research.

Hairida, H. (2017). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Edusains, 9(1)

Kamisah Osman., (2006). Sikap Terhadap Sains dalam Kalangan Pelajar Sains di Peringkat Menengah dan Matrikulasi. Http://psasir.upm.edu.

Kasnodihardjo, K. (1993). Langkah-langkah Menyusun Kuesioner. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 3(02 Jun).

Puti, S dan Jumadi. 2015. Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, No.1, Juni 2015. Hal: 1-12.

Siregar, Syofian. 2015) . Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta:Prenadamedia Group.

Sugiyono, P. DR. (2007).“Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di Smp Dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2, 197-210.


Article Metrics

Abstract view : 2150 times
PDF - 394 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University