ANALISIS MATERI SUBJEK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DENGAN PEDAGOGI MATERI SUBJEK (PMS)

Muhammad Ijharudin(1*), Dedi kuntadi(2), Rena Denya Agustina(3), Muhammad Minan Chusni(4)


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Materi subjek sebagai salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran, yakni aspek konten, substantif, dan sintaktikal lebih di dominasi oleh aspek konten, sehingga kemampuan akan aspek sintaktikal peserta didik kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek konten, substantif, dan sintaktikal pembelajaran usaha dan energi yang dilakukan di kelas X MIA 4 MAN 2 Garut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif metode penelitian analisis wacana. Hasil analisis terhadap data yang didapat di lapangan menghasikan aspek konten sebesar 64.29%, aspek substantif sebesar 28.57% dan aspek sintaktikal sebesar 7.14%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek konten mendominasi aspek-aspek lain. Analisis aspek materi subjek yang terdapat pada pedagogi materi subjek (PMS) dapat digunakan untuk mengukur ketersampaian materi subjek pada kegiatan pembelajaran.


Keywords


Materi Subjek, Konten, Substantif, Sintaktikal

Full Text:

PDF

References


Arifin. (2012). Modul Teori dan Aplikasi Analisis Wacana. Singaraja: Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Undiksha.

Arikunto. Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta

Chandra, E., Muspiroh, N., & Syahrir, D. C. (2013). Analisis Pola Wacana Pedagogis Guru Biologi di SMA Negeri 7 Cirebon. Jurnal SCIENTIAE EDUCATIA, 2(April), 99–113.

Hamad, I. (2007). Lebih Dekat dengan Analisis Wacana. Mediator, 8(2).

Herlanti, Y. (2011). Penilaian Proses Belajar Mengajar IPA Di Kelas Melalui Pedagogi Materi Subyek. Education Jornal.

Herlanti, Y., Rustaman, N. Y., & Setiawan, W. (2008). Strategi Baru dalam Pengolahan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edusains, 1(1), 26–38.

Malichatin, H. (2013). Pengembangan Materi Subjek Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal of Innovative Science Education, 2(1), 35–41.

Rosnita. (2011). Standar Pendidikan Untuk Calon Guru Sains: Pedagogi Materi Subjek Sebagai Sarana Pengembangan Pengetahuan Konten Pedagogi Calon Guru. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(2).

Siahaan, S. M. (2003). Analisis Motif Mengajar Guru dalam Mengajarkan Gerak Melingkar Beraturan dengan Menggunakan Model Fungsi Wacana D’Brazil dan Sinclair. Mimbar Pendidikan, 23(1), 18–24.

Siregar, N. (1999). Pedagogik Materi-Subjek: Dasar-dasar Pengembangan PBM. Bandung: IKIP Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 973 times
PDF - 158 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.59-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University