Penerapan Model Bounded Inquiry Lab Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2004). Media pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Azwar, Saifuddin. (1999). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Sigma Alpha.
Candra, D.T. (2007). Memilih Buku Pelajaran IPA. Diakses tanggal 27 Oktober 2018 dari http://pelangi.ditplp.go.id
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta. Gava Media.
E. Mulyasa. Pengembangan Implementasi Kurikulum. (2013). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Handayani, Suciati & Marjono. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Bounded Inquiry Lab. Jurnal Bioedukasi, 9(2): 49-54.
Hermita, R, Suciati, & Rinanto, Y. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Laboratoty (Lab) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Jurnal Inquiry, 5(2):94-107.
Johnson, D., Levy, F., Karsai, I., and Stroud, K. (2006). Turning the Potential Liability of Large Enrollment Laboratory Science Courses Into an Asset. Journal of College Science Teaching. Diperoleh 14 Oktober 2014. Tennesse: Department of Biological Sciences at East Tennessee State University Johnson City.
Wenning. (2007). Assessing inquiry skills as a component of scientific literacy. J. Phys. Tchr. Educ. Online. Vol. 4 (2): 21-24.
Liliawati, W., Purwanto, Ramlan. T., Hidayat, R., Megawati, E., dan Puspitasari, F.T. (2014). Analisis Kemampuan Inquiry Siswa SMP, SMA dan SMK Dalam Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 6(2).
Martiningsih, Meidini., R.P. Situmorang., dan Susanti, P.H. (2018). Hubungan Keterampilan Generik SAins dan Sikap Ilmiah melalui Model Inkuiri Ditinjau dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains Unimus, 6(1): 24-33.
Muchlas, S & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, R.W.K, Maridi, & Suciati. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Lab Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Konten Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Jurnal Inquiry, 6(3): 1-16.
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Syafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1).
Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1. (1).
Article Metrics
Abstract view : 457 timesPDF - 82 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.70-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University