PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU BERBASIS MENTORSHIP LEARNING METHOD DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMANFAATAN BUKU KIA OLEH KADER KESEHATAN DAN ORANG TUA BALITA

Mariyam Mariyam(1*), Dera Alfiyanti(2), Andi Priyolistiyanto(3)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pencegahan kematian pada bayi baru lahir dan balita merupakan salah satu target SDGs pada tahun, salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan kualitas kesehatan balita dengan pemberian pelayanan berkualitas, pemanfaatan sarana prasarana, dan pemantauan secara kontinyu. Buku KIA dapat dimanfaatkan oleh kader posyandu dan orang tua (ibu) dalam optimalisasi kesehatan balita. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di RW 11 Desa Blacir Plamongan Sari Kota Semarang ini bertujuan untuk meningkatkan penegtahuan dan praktik kader dan orang tua dalam pemanfaatan Buku KIA. Metode yang digunakan adalah mentorship learning method, meliputi pemberian pelatihan, pendampingan, dan implementasi keterampilan yang diperoleh. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan penegtahuan dan praktik kader dalam pemanfaatan Buku KIA, serta ada peningkatakan praktik ibu dalam pemanfaatan Buku KIA. Pemberdayaan kader posyandu berbasis mentorship learning method merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik pemanfaatan Buku KIA oleh kader kesehatan dan orang tua balita. Mentor dapat memantau bagaimana kader dan orang tua memanfaatkan Buku KIA, serta memberikan umpan balik yang membangun. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa Buku KIA digunakan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal.


Keywords


pemberdayaan kader, optimalisasi buku KIA, mentorship learning

Full Text:

PDF

References


Gamage, K. A. A., Perera, D. A. S., & Wijewardena, M. A. D. N. (2021). Mentoring and coaching as a learning technique in higher education: The impact of learning context on student engagement in online learning. Education Sciences, 11(10). https://doi.org/10.3390/educsci11100574

Husnawati, Zulkarnain, & Wahyuni, S. (2020). Hubungan Peran Kader dengan Partisipasi Orangtua dalam Pelaksanaan Kegiatan Bina Keluarga Balita di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 20–28.

Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.

Kementerian PPN. (2020). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi - Edisi II Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Kementerian PPN.

Khanjari, S., Bell, E. F., Mohagheghi, P., Sadeghi, L. sadat, Haghani, S., & Rokhsati Chinijani, E. (2021). The effect of family-centered education on the quality of life of the parents of premature infants. Journal of Neonatal Nursing, December. https://doi.org/10.1016/j.jnn.2021.10.005

Mariyam, & Pohan, V. Y. (2017). Optimalisasi Kualitas Balita Melalui Peningkatan Kemampuan BKB Dalam Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Balita. Prosiding Seminar Nasional, September, 558–560. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=98477&val=5091

Manzi, A., & Laux, J. (2016). Learning from clinical mentorship in primary care in rural Burundi using routine data. BMC Health Services Research, 16(1), 77.

Noflidaputri, R., & Yusana, H. (2020). Pengaruh Edukasi Sdidtk Menggunakan Media Video Dan Booklet Terhadap Pengetahuan Kader Melakukan Sdidtk Balita Di Posyandu. Maternal Child Health Care, 4(2), 726–733.

Perry, C. P., & Zullig, K. J. (2016). Developing clinical mentors: Benefits and challenges in a mentorship program. Journal of Nursing Education and Practice, 6(11), 20-27.

Sharma, R., & Webster, P. (2018). Training and capacity building for community health. International Journal of Medical Science and Public Health, 7(2), 99-101.

Stellenberg, E. L., & Du Plessis, E. (2019). The role of mentorship in lifelong learning and the development of nurses in rural and remote health services. Health SA Gesondheid, 24, 1196.

Wijaya, M., Elba, F., Mandiri, A., Friska, W., Faozi, B. F., & Hilmanto, D. (2019). Effectiveness of Cadres Training in Improving Maternal and Neonatal Health in Soreang Subdistrict. Global Medical & Health Communication (GMHC), 7(3), 218–223. https://doi.org/10.29313/gmhc.v7i3.3986


Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 54 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v6i1.14460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.