STIMULASI KADER POSYANDU LANSIA DI DUSUN TESEH KELURAHAN MATESEH KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Umi Khasanah(1*), Dewi Puspitaningrum(2), Agustin Rahmawati(3), Erlita Dwi Septiana(4), Erna Maulida(5), Dea Ayu Paradila(6), Anandya Rani Pertiwi(7)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) Universitas Muhammadiyah Semarang
(5) Universitas Muhammadiyah Semarang
(6) Universitas Muhammadiyah Semarang
(7) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Menjamin kehidupan yang sehat merupakan salah satu tujuan dan target SDGs dari High Level Panel For Eminent Person (HLPEP) dengan menciptakan support system yang baik dimasyarakat serta memperdayakan kemampuan dan potensin di masyarakat untuk mendukung kesehatan yang lebih baik untuk para lansia. Sehingga tujuan dan target dari HLPEP dapat diwujudkan.

Keberhasilan pembangunan kesehatan berdampak pada peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) seseorang. Sehingga secara global populasi lansia diprediksi terus mengalami peningkatan. Struktur ageing population merupakan cerminan dari semakin tingginya rata-rata Usia Harapan Hidup (UHH) penduduk Indonesia. Tingginya UHH merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan nasional terutama di bidang kesehatan.

Pemerintah berkewajiban melaksanakan penjaminan ketersediaan pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok lanjut usia agar tetap dapat hidup sehat, mandiri, serta produktif. Hal ini diperkuat dengan adanya peraturan Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Pasal 138 bahwa upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi sesuai dengan martabat kemanusiaan.Upaya Pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan usia lanjut yakni dengan membentuk Posyandu Lansia.

Tujuan diadakannya Posyandu Lansia yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku positif, serta meningkatkan mutu dan derajat kesehatan lansia. Diharapkan stimulasi ini dapat meningkatkan kapasitas dan memotivasi kader posyandu lansia lebih rutin membuat kegiatan dalam posyandu lansia.

Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini dengan memfasilitasi kader posyandu untuk melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan  lansia baik secara teori dan lebih menekankan praktik pemeriksaan kesehatan dengan bantuan dan pengawasan dari team dosen kebidanan.


Keywords


Kebidanan, Lansia, Pemeriksaan, Penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Darmojo B. Buku Ajar geriatri (ilmu kesehatan usialanjut). Edisi ke-4. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2009.

Endang & Mamik, R. 2013. Hubungan antara pengetahuan dengan keaktifan Lansia datang ke Posyandu Lansia di dusun kudu desa kudu banjar kecamatan kudu kabupaten jombang tahun 2013. Jurnal Metabolisme 2013: 2(3).

Halodoc,2018. Batas Kadar Asam Urat Pada Lansia. https://www.halodoc.com/ini-batas-kadar-asam-urat-yang-normal-bagi-pria

Harismi,Asni. 2020. Resiko Penyakir Berdasarkan Klasifikasi Umur Menurut WHO. https://www.sehatq.com/artikel/risiko-penyakit-berdasarkan-klasifikasi-umur-menurut-who

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018]. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2018.pdf

Khuluqo, I.I. 2020. Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Cimuning. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia. Vol. 02, Nomor 01.p-ISSN: 2655-6277.

Kurniawan. Diabetes melitus tipe 2 pada usialanjut. Majalah Kedokteran Indonesia. 2010;60 (12):576-84.

Mindianata, P. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia. Jurnal PROMKES, 6(2), 213.

https://doi.org/10.20473/jpk.v6.i2.2018.213-226

National Statistical Office. (2014). A Study of Sustainable Development Goals (SDGs) Indicators. 172.

Nestlescience.2018. Lansia Dan Permasalahannya https://www.nestlehealthscience.co.id/artikel/lansia-dan-permasalahannya


Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 59 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jpmk.v3i1.6855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan
ISSN  (print) | 2654-7996 (online)
Organized by Department of Midwifery, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMK
E : [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.