EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AIR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Eka Susanti(1*), Megita Dwi Pamungkas(2), Syita Fatih 'Adna(3)


(1) Universitas Tidar
(2) Universitas Tidar
(3) Universitas Tidar
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran AIR dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa pedomanket wawancara dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen mencapai batas ketuntasan klasikal. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol belum mencapai batas ketuntasan klasikal. Sementara itu,    

Keywords


Model matematika

Full Text:

PDF

References


Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). 102-110

Hidayati, A. N., Ambarita, A., & Yulianti, D. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran AIR Berorientasi Pada Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. INOMATIKA, 3(2), 86-101.

Musfiqon, H.M. (2012). Pengembangan Media dan SumberPembelajaran.Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400.

Nasruddin, N., & Jahring, J. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. SAINTIFIK, 5(1), 27-35.

Nurdiana, S., & Effendi, K. N. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dengan Model Auditory Intellectually Repetition. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). 55-54.

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019, February). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (2). 704-709.

Ridlo, Z. R. (2021). The impact of implementing auditory intellectually repetition (air) learning model based on learning community for students creative thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing (Vol. 1832, No. 1, p. 012035).

Sakti, H. G., & Hikayati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran AIR Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. SOCIETY, 8(2), 65-75.

Siregar, T. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Instruction (Pengajaran Langsung) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dismks Pancadharma Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 109-111.

Sumartini, TS. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 148-158

Ulfa, M., & Suri, I. R. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1Intellectualy Repetition terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 15-21.

Zahriani. (2014). "Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains" E-Journal UIN Ar-Raniry Darussalam. 1(I). 96-106.


Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 88 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.9.2.2022.33-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401