Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA

Sufri Mashuri(1), Jahring Jahring(2*)


(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author

Abstract


PISA (Programme for International Student Assessment) merupakan program berskala internasional yang diselenggarakan tiap 3 tahun sekali oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Salah satu aspek yang diukur adalah kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Namun, belum terbentuknya habituasi siswa dalam menyelesaikan soal berbasis PISA menjadikan Sebagian besar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. SMP Negeri 1 Kolaka adalah salah satu sekolah yang telah berproses membentuk habituasi tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan 28 siswa kelas VIII SMP negeri 1 Kolaka sebagai subjek penelitian. Data diambil menggunakan instrumen tes berbasis PISA dan hasilnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA kelas VIII SMP Negeri 1 Kolaka termasuk dalam kategori tinggi, dengan rata-rata nilai sebesar 71,32. Pada konten quantity rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 88,96 (Sangat Tinggi), pada konten space and shape rata-ratanya sebesar 56,82 (Rendah), pada konten change and relationship sebesar 74,51 (Tinggi), dan pada konten uncertainly and data sebesar 76,50 (Tinggi).

Keywords


Pemecahan Masalah Matematis, PISA, Konten PISA

Full Text:

PDF

References


Aini, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Analisis Pemahaman Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada PISA. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p

Amalia, W., Mulyono, & Napitupulu, E. (2018). Pengembangan Soal Matematika Pisa-Like pada Konten Change and Relationship untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i3.22925

Amaliah, E. F., & Haryanto. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015-2017. Diponegoro Journal of Accounting, 8(2), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, II(1), 63–78. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59

Hidayati, U., & Jahring, J. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4417

Jahring, & Haidar, I. (2023). Gender Differences Influence Student ’ s Numeracy Literacy in Secondary Schools in Kolaka Regency , Indonesia. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(1), 24–31. https://doi.org/10.9734/AJESS/2023/v41i1885

Jahring, J., & Chairuddin, C. (2019). Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4039

Jahring, Nasruddin, & Farida, I. (2020). The Effectiveness of Mind Mapping Learning Models Based on Contextual Learning on Mathematical Problem Solving Ability. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development, 1(1), 189–193. https://doi.org/10.31327/icusn-adri.v1i0.1177

Mashuri, S., Kurniawan, R., & Jahring. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 179–189. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15417

Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Space and Shape untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264281820-en

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(1), 138–152. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14102

Putri Wahyuni, N., & Masriyah. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah PISA pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2604–2618. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.901

Ramlan, A. M., Hermayani, & Jahring. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2188–2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3996

Rokhmatillah, I. N. F., Manoy Janet Trineke, & Fardah Dini Kinati. (2019). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Self-Efficacy. JPPMS: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 75–88. https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p75-88

Sari, N. M., Yaniawati, P., Darhim, & Kartasasmita, B. G. (2019). The Effect of Different Ways in Presenting Teaching Materials on Students’ Mathematical Problem Solving Abilities. International Journal of Instruction, 12(4), 495–512. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12432a

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS: The Original Research of Mathematics, 2(1), 86–93. https://doi.org/10.31949/th.v2i1.577

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94

Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa Dalam Konten Perubahan Dan Hubungan Pada Siswa SMP. Jurnal Varidika, 31(2), 29–36. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10216

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damsyani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311


Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 93 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.10.2.2023.86-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401