Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Analisis Pemahaman Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada PISA. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p
Amalia, W., Mulyono, & Napitupulu, E. (2018). Pengembangan Soal Matematika Pisa-Like pada Konten Change and Relationship untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i3.22925
Amaliah, E. F., & Haryanto. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015-2017. Diponegoro Journal of Accounting, 8(2), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita.
Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, II(1), 63–78. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59
Hidayati, U., & Jahring, J. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4417
Jahring, & Haidar, I. (2023). Gender Differences Influence Student ’ s Numeracy Literacy in Secondary Schools in Kolaka Regency , Indonesia. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(1), 24–31. https://doi.org/10.9734/AJESS/2023/v41i1885
Jahring, J., & Chairuddin, C. (2019). Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4039
Jahring, Nasruddin, & Farida, I. (2020). The Effectiveness of Mind Mapping Learning Models Based on Contextual Learning on Mathematical Problem Solving Ability. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development, 1(1), 189–193. https://doi.org/10.31327/icusn-adri.v1i0.1177
Mashuri, S., Kurniawan, R., & Jahring. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 179–189. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15417
Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Space and Shape untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264281820-en
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(1), 138–152. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14102
Putri Wahyuni, N., & Masriyah. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah PISA pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2604–2618. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.901
Ramlan, A. M., Hermayani, & Jahring. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2188–2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3996
Rokhmatillah, I. N. F., Manoy Janet Trineke, & Fardah Dini Kinati. (2019). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Self-Efficacy. JPPMS: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 75–88. https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p75-88
Sari, N. M., Yaniawati, P., Darhim, & Kartasasmita, B. G. (2019). The Effect of Different Ways in Presenting Teaching Materials on Students’ Mathematical Problem Solving Abilities. International Journal of Instruction, 12(4), 495–512. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12432a
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS: The Original Research of Mathematics, 2(1), 86–93. https://doi.org/10.31949/th.v2i1.577
Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94
Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa Dalam Konten Perubahan Dan Hubungan Pada Siswa SMP. Jurnal Varidika, 31(2), 29–36. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10216
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damsyani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Article Metrics
Abstract view : 1094 timesPDF - 268 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.10.2.2023.86-93
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401