EVALUASI PERAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(1) Universitas Qomaruddin
(2) Universitas Qomaruddin
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Alwi, H., Lapoliwa, H., Sugono, D., Adiwimarta, H., Suratman, S. T., Nainggolan, D., & Darheni, N. (2002). Kamus besar bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
APRIATI, M. (2015). Peranan Guru dalam Pembelajaran Terhadap hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Makassar. FIS.
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Iqbal, M., Winanda, A., Sagala, D. H., Hasibuan, U. R. A., & Wirahayu, W. (2023). Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu. Journal on Education, 5(3), 9299–9306.
Kaufman, R. A., & Thomas, S. (1980). Evaluation without fear. New Viewpoints,.
Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Stem-Pbl Pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420
Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.
Salmayzuri, Ruslan, & Pristiwaluyo, T. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Watansoppeng. Riset Assesmen, 1(1), 1–8. https://ojs.unm.ac.id/assesment/article/download/1778/pdf_5
Savitri, D. I. (2020). Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
Sudijono, A. (2001). Pengantar evaluasi pendidikan.
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.
Suyanto. (2020). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS, 08 Februari, 6. https://suyanto.id/implikasi-kebijakan-merdeka-belajar/
Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program pendidikan dan penelitian.
Triyana, I. W., Kurniawati, Y., Qomaruddin, U., Artikel, I., Mengajar, P., & Education, J. (2024). SCAFFOLDING MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA. 12(1), 110–114.
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 46 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.11.1.2024.42-50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401