PROFIL MATHEMATIC TEACHERPRENEUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas guru adalah teacher preneur programme. Teacherpreneur diharapkan dapat membentuk guru yang lebih terampil selain di bidang pengajaran, meningkatkan kualitas sekolah, dan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa karena pengalaman yang diperoleh guru dari pekerjaannya di luar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil mathematic teacherpreneur pada mahasiswa Pendidikan Matematika FMIPA UNIMUS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mahasiswa Pendidikan Matematika FMIPA UNIMUS sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) indikator risk taker mahasiswa tinggi, indikator persuader tinggi karena promosi masih dilakukan di lingkungan kampus, dan indikator ambitious juga terbilang tinggi. Namun, untuk indikator manajerial terbilang rendah. Sedangkan indikator lain seperti performer dan leadership tergolong standar. (2) Profil mathematic teacherpreneur di prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNIMUS adalah (a) berani menghadapi kegagalan dan senang mengembangkan ide-ide baru dalam berwirausaha untuk menciptakan inovasi baru dalam meningkatkan produksi, (b) mencari peluang dalam berwirausaha. Berdasarkan penelitian diharapkan prodi dapat memberi mata kuliah kewirausahaan lanjutan untuk peningkatan indikator manajerial pada mahasiswa.
Kata Kunci : mathematic, profil, teacherpreneurFull Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 396 timesPDF - 111 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401