EVALUASI PELAKSANAAN TUTORIAL TATAP MUKA MATAKULIAH MATEMATIKA PADA UPBJJ-UT SEMARANG
(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran di Universitas Terbuka (UT) menganut Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) yang mengedepankan kemandirian dan pembelajaran orang dewasa. Ciri utama sistem SBJJ antara mahasiswa dan dosen tidak bisa berinteraksi fisik secara langsung, yang menjadi jembatan adalah tutor. Melalui kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM) diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang ada. Kualitas tutor dan pelaksanaan TTM menjadi kunci utama dalam keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Salah satu kegiatan TTM adalah pada matakuliah Matematika. Pada matakuliah Matematika mahasiswa dituntut dapat menguasai materi dengan pokok bahasan yang banyak dan cukup sulit. Matakuliah Matematika ini mempunyai bobot 4 sks dan tersebar dalam 12 modul. Sehingga diperlukan evaluasi pelaksanan TTM pada matakuliah Matematika untuk meningkatkan kualitas tutor dan TTM. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan TTM pada matakuliah Matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif, dengan sampel sebanyak 100 orang yang tersebar setiap kabupaten pada UPBJJ UT Semarang. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan TTM pada matakuliah Matematika diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1). evaluasi pelaksanaan TTM rata-rata skor yang diperoleh pada tahap awal sebesar 3,48, tahap inti 3,41 dan tahap akhir 3,46. Secara keseluruhan rata-rata skor adalah 3,44, 2). evaluasi pelaksanaan TTM secara keseluruhan dalam kategori sangat baik. Melalui penelitian ini diharapkan untuk pelasanaan TTM pada matakuliah Matematika lebih baik sehingga hasil belajar mahasiswa semakin meningkat.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 340 timesPDF - 108 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401