PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA BERBANTUAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Venissa Dian Mawarsari(1*), Eko Andy Purnomo(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Objek matematika yang abstrak seringkali membuat siswa ataupun mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Salah satu materi yang dipelajari di perguruan tinggi adalah geometri. Berdasarkan pengamatan, kelemahan penguasaan materi geometri  adalah kemampuan pandang keruangan (spatial ability). Spatial ability dapat ditingkatkan dengan meningkatkan keterampilan proses mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan geometri. Jadi, berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Semarang guna meningkatan keterampilan proses mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait geomteri. Penelitian tersebut memanfaatan software geogebra yang dapat membantu konsep keabstrakan dari mata kuliah geometri. Selain itu, peneliti juga menggunakan e-learning dalam membantu komunikasi antara dosen dengan mahasiswa bila mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemecahan masalah mahasiswa melalui pemanfaatan software geogebra berbasis e-learning. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterampilan proses mahasiswa dalam menggunakan software geogebra pada siklus I sebesar 70%, siklus II sebesar 78% dan siklus III 89%. Sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah mahasiswa menunjukkan siklus I sebesar 69%, siklus II sebesar 80% dan siklus III sebesar 86%.

 

Kata kunci: geogebra, e-learning, geometri


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 640 times
PDF - 184 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.4.2.2017.49-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401