UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DENGAN MEDIA MANIK – MANIK SISWA KELAS II SEMESTER II DI SDN 2 TURUNREJO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL TAHUN 2014 – 2015

Iswahyudi Joko Suprayitno(1*), Hanifah ,(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Dari hasil belajar mata pelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran di kelas II pada SDN 2 Turunrejo, diperoleh data dari 27 siswa yang mencapai KKM 65 yaitu  sebanyak  12 siswa dan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang operasi hitung campuran menggunakan metode jigsaw dengan bantuan media manik - manik siswa kelas II semester II di SDN 2 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD N 2 Turunrejo  yang berjumlah 27 siswa. Metode Jigsaw pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar  matematika, metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan, pra siklus 44%, siklus I  66%, dan siklus II  88%.Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan metode jigsaw dan media manic - manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajarannya.

 

Kata kunci: Manik - manik, Matematika, Jigsaw

 

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 38 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.1.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401