UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DENGAN MEDIA MANIK – MANIK SISWA KELAS II SEMESTER II DI SDN 2 TURUNREJO KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL TAHUN 2014 – 2015
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Dari hasil belajar mata pelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran di kelas II pada SDN 2 Turunrejo, diperoleh data dari 27 siswa yang mencapai KKM 65 yaitu sebanyak 12 siswa dan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang operasi hitung campuran menggunakan metode jigsaw dengan bantuan media manik - manik siswa kelas II semester II di SDN 2 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD N 2 Turunrejo yang berjumlah 27 siswa. Metode Jigsaw pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika, metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan, pra siklus 44%, siklus I 66%, dan siklus II 88%.Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan metode jigsaw dan media manic - manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajarannya.
Kata kunci: Manik - manik, Matematika, Jigsaw
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 313 timesPDF - 54 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.1.1.2014.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401