UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELARAN BERBASIS IT (GEOGEBRA)

Ummu Habibah Siregar(1*), Benny Sofyan Samosir(2), Wiwik Novitasari(3)


(1) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


The industrial revolution 4.0 is a formidable challenge for the world of education, one of which is learning mathematics. Moreover, in the current Covid-19 condition, which requires that learning be carried out by e-learning, the level of students' mathematical problem solving abilities is getting lower. To overcome this problem, this study applied an IT-based learning model (geogebra). The objectives of this research are to know the improvement of students' mathematical problem solving, the improvement of students' mathematical learning activities, and the improvement of the teacher's ability to manage learning. This type of research is Classroom Research. The analytical technique used is descriptive. The results of this study seen from the results of students' mathematical problem solving tests increased by 33.33%. Student activity in learning increased by 23.43%. The ability of teachers to manage learning increased by 36%. So the results of this study show that the IT-based learning model (geogebra) can improve students' mathematical problem solving, student activities in class X Multimedia I SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.


Keywords


Model Pembelajaran, Geogebra, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, suharsimi. 2017. Prosedur penelitian : merumuskan hipotesis. Jakarta : rineka cipta.

Bagiyono. 2017. “ Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat I. “Widyanukluks. Vol 16 No 1 November 2017 1-12

Dina F, dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 1 Ajung Semester Genap TA 2012/2013.”

Fakhrurrazi. 2018. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.”Pendidikan Agama Islam IAIN Langsa, Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1 Juni 2018.

Fatimah. 2009. Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Karyanti.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri Satu Atap 4 Pesawaran. (skripsi).

Mayasari, 2019. Penerapan Pendekatan Konstektual dan Saintifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian belajar Siswa SMP. Skripsi IKIP Siliwangi: Tidak Diterbitkan.

Permendikbud Nompor 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi PendidikanDasar dan Menengah.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosa, Elvira. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Menggunakan Media Petak Warna-Warni Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Segitiga di kelas VII Mts INPIRAMATIKA Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 3. No 1, Juni 2017, ISSN 2477-278X, e-ISSN 2579-9061

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Widoyoko dkk.2015. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijaya. T.T,. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dan Self Confidence Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Skripsi IKIP Siliwangi Bandung. Tidak diterbitkan.

Yusdiana, I B, & Hidayat, W 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) Volume 1, No 3, Mei 2018 ISSN 2614-221X ISSN 2614, 2155 (HAL 409-414).

Zakiyah, S., Hidayat, W., Setiawan, W. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematika dari SMP ke SMA Pada Materi SPLTV. Osharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227-238.


Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 46 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.60-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401