Pengaruh penerimaan penggunaan teknologi terhadap hasil belajar matematika siswa

Alfi Nurfitriyah(1*), Syamsuri _(2)


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan penggunaan teknologi terhadap hasil belajar matematika siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang dilakukan di SMAN 1 Tirtayasa, data sekunder adalah laporan siswa tahun 2021. Populasi penelitian adalah siswa kelas 12 SMAN 1 Tirtayasa, sampel minimal yang digunakan adalah rumus Slovin (1960) agar diperoleh 168 siswa. Untuk mengetahui hubungan antara pengaruh penerimaan teknologi dengan hasil belajar matematika siswa yang digunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Penerimaan penggunaan teknologi yang terdiri dari Perceive Usefulness, Perceive Easy of Use, Attitude Toward Using, Continuity Intention, Actual Use,

Keywords


Technology Acceptance Models

Full Text:

PDF

References


Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi baru mengolah data penelitian dengan partial least square path modeling. Salemba Infotek.

Sugiyono, S. (2015). Cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Alfabeta.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

Steven Pradipta (2014). Determinan Technology Acceptance Model Terhadap Sikap Nasabah Pada Penggunaan CDM. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Katolik Soegijapranata.

Eric Pratama (2018). Penggunaan e-wallet pada generasi milenial Surabaya berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Kristen Petra.

Ahmad Taufik Awami, Heni Pujiastuti (2021). Analisis kesiapan siswa pada pembelajaran matematika menggunakan e-learning dalam

menghadapi era revolusi industri 4.0. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8 (1), 256-265.

Tika Abri Astuti , Jailani (2021). Kontribusi kompetensi guru matematika SMP terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7 (2), 2020,241–253. Riset Pendidikan Matematika, 7 (2), 2020,241–253.

Subakdo Eko Yulianto (2011). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap pemanfaatan e-learning dengan model tam di smk muhammadiyah 3 yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi. II(1), 45-62.

Adams, D.A., Nelson. R.R., Todd. P. A. (1992). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Usage of Information Technology. MIS Quarterly, 16(2),227.

Davis F. D. (1989). Perceived Usefulness. Perceived Ease of Use and Acceptance of Information Technology, MIS Quarterly, 13(3), 31.


Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 81 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.9.1.2022.15-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401