ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMKM (STUDI KASUS UMKM DI WILAYAH KOTA SEMARANG)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
digunakan untuk mencari informasi produk dan berbelanja online, pelanggan online shop yang mencapai 8,7 juta orang, dan nilai transaksi yang diprediksi mencapai US$ 4,89 Miliar pada tahun 2016. Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. UMKM dituntut untuk melakukan perubahan dan inovasi untuk meningkatkan daya saing, salah satunya adalah dengan memanfaatkan e commerce.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor teknologi, organisasional, lingkungan dan individual terhadap adopsi e commerce serta menganalisis pengaruh adopsi e commerce terhadap kinerja UMKM. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara pada 100 UMKM di Kota Semarang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan
perhitungan regresi berganda dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk melihat pengaruh tidak langsung antara satu variable dengan variable lainnya.
Hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor teknologi dan faktor individual secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi e commerce. Sebaliknya faktor organisasional secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap adopsi e commerce dan faktor lingkungan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap adopsi e commerce pada UMKM di Kota Semarang. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan faktor kesiapan teknologi, organisasional, lingkungan dan individual berpengaruh secara bersama-sama terhadap adopsi e commerce pada UMKM di Kota Semarang.
Kata Kunci : e commerce, teknologi, organisasional, lingkungan dan individual
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2991 timesPDF - 132 times
DOI: https://doi.org/10.26714/mki.7.1.2017.1-15
Refbacks
- There are currently no refbacks.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang |
Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.