FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK UKM

Ida Kristiana(1*), R. Ery Wibowo Agung S(2)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang  mempenagruhi  wajib  pajak  UKM
untuk membayar pajak. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu pengetahuan dan pemahaman
perpajakan, persepsi sistem perpajakan, dan kualitas pelayanan fiskus. Sedang variabel terikat dalam penelitian
ini adalah kemauan membayar pajak. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik convenience  dengan
jumlah responden sebanyak 83 orang. Seluruh responden memiliki usaha dan terdaftar  pada  Dinas  Koperasi
Dan UKM di Kota Semarang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan  analisis  linier  berganda  dengan
SPSS  17.0.  Hasil  analisis  menunjukkan  bahwa  variabel  pengetahuan   dan   pemahaman  perpajakan,
persepsi sistem perpajakan, dan kualitas pelayanan fiskus memiliki pengaruh positis signifikan terhadap
kemauan membayar pajak.


Keywords


pengetahuan dan pemahaman perpajakan, persepsi sistem perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, kemauan membayar pajak.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 15 times

DOI: https://doi.org/10.26714/mki.8.2.2018.57-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 
ISSN 2087-2836 (print) | ISSN 2580-9482 (online)
Organized by Department of Accounting, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX
E : [email protected], [email protected]

Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.