TIK SEBAGAI SOLUSI ANAK PECANDU GAME ON-LINE, E-CLASS DAN USULAN MODEL UJIAN AKHIR NASIONAL DALAM SUDUT PANDANG TIK

Asih Widi Harini(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemilihan judul diatas tidak hanya relevan dengan konteks kekinian yang ditandai dengan makin
bertambahnya korban-korban game on-line terutama di kota-kota besar, tetapi juga terkait dengan upaya
kita melakukan inovasi pembelajaran khususnya bidang TIK, sehingga pembelajaran menjadi lebih
bermakna dan menyenangkan. Selama ini, keberadaan TIK sangat berperan dalam meningkatkan kualitas
SDM siswa. Melihat scope TIK yang luas dan terus berkembang, penulis melihat ada kesamaan scope antara
TIK dengan Game on-line, yaitu sama-sama menggunakan komputer. Hanya bedanya, dengan TIK anak bisa
menjadi
produsen game, tapi lewat game online, anak hanya sebagai konsumen.
Persoalanya adalah ketika Game online sudah tidak lagi berfungsi sebagai media hiburan, tapi lebih
ke candu bahkan dikomersialkan. Disatu sisi, game online bagus untuk perkembangan otak kanan mereka,
namun jika porsinya terlalu besar, kedepannya bisa menghambat karier anak. Jika kompetensi siswa yang
dijadikan acuan mutu sistem pendidikan, maka sistem pendidikan yang baik adalah jika inputannya
bervariasi tetapi outputannya selalu ‚‘kompeten‘. Artinya sistem pendidikanlah yang mempu menerapi anak
pecandu game online. Pengekangan anak, bukanlah solusi , TIK sebenarnya bisa dijadikan altenatif solusi
masalah ini. Masalah lain bagi penggemar game online adalah UAN, karena otak kanan cenderung tidak
menyukai keteraturan. Model UAN online, bisa dijadikan alternatif solusi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 263 times
PDF - 56 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v2i2.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.