ANALISIS PEMELIHARAAN KINERJA DENGAN METODE THERMOVISI PADA PERALATAN GARDU INDUK 500kV TAMBUN

Jidan Jainudin(1*)


(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Paper ini membahas tentang pemeliharaan kinerja pada peralatan Gardu induk 500kV dengan menggunakan metode thermovisi. Dalam usaha penyediaan energi listrik yang baik dan efisien, gardu induk memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatur kebutuhan beban tenaga listrik dan sebagai pusat pengamanan komponen-komponen sistem tenaga listrik di suatu wilayah. Sering terjadinya gangguan merupakan parameter dari suatu sistem tenaga listrik apakah dikatakan baik atau tidaknya dalam usaha penyediaan energi listrik yang efisien. Salah satu tindakan pemeliharaan adalah pengukuran suhu pada komponen gardu induk  dengan menggunakan thermal imagers atau yang biasa disebut dengan pengukuran metode  thermovisi. Thermovisi adalah suatu teknik mendeteksi suhu  dari jauh dengan menggunakan sinar inframerah  kemudian  akan ditampilkan pada display untuk mengetahui suhu panas pada sambungan terminal antar kabel konduktor dan mendapatkan nilai selisih suhu sambungan terhadap suhu konduktor. Metode penelitian ini merupakan penulisan hasil dari pengukuran menggunakan metode thermovisi yang kemudian dilakukan analisa hasil thermovisi tersebut dengan melakukan perhitungan emisivitas melalui pendekatan selisih suhu klem dan konduktor (∆T) agar didapatkan nilai emisivitas yang sesuai. Hasil pengukuran selisih suhu klem terhadap konduktor diambil sebanyak 12 sampel dalam keadaan kondisi baik. Perhitungan emisivitas mendapatkan hasil akurasi 95,6% dan presisi 0,02% dari setiap data di bay Gardu induk 500kV Tambun.


Keywords :Thermovisi, Sistem Tenaga Listrik, Emisivitas


Full Text:

PDF

References


Anwar, B., 2019, Penentuan Hot Point dengan Menggunakan Metode Thermovisi pada Gardu Induk 150kV Purwodadi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 20.

Putra, R. R., 2018, Thermovisi Dalam Melihat Hot Point pada Gardu Induk 150 KV Palur, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 19

PLN, 2000, Buku Prosedur Pelaksanaan Pekerjaan Pada Instalasi Listrik Tegangan Tinggi. PT PLN (Persero).

PLN, 2014, Buku Pedoman Pemeliharaan, No. 0520-2.K/DIR. PT PLN (Persero).

Syahputra Ramadoni, 2010, Aplikasi Deteksi Tepi Citra Termografi untuk Pendeteksian Keretakan Permukaan Material, Forum Teknik Vol. 33, No. 1 Januari 2010.

Pasaribu, F. I., & Fazawi, M. L., 2021, Hot Point Determination And Monitoring Equipment Using Thermal Imagers Fluke With Thermovision Method. JESCE (Journal of Electrical and System Control Engineering), 114-128.

M. Siburian, J., Siahaan, T., & Sinaga, J., 2020, ANALISIS PENINGKATAN KINERJA JARINGAN DISTRIBUSI 20kv DENGAN METODE THERMOVISI JARINGAN PT. PLN (PERSERO) ULP MEDAN BARU, JURNAL TEKNOLOGI ENERGI UDA: Jurnal Teknik Elektro Volume 9, Nomor 1, Maret 2020, 8-19.

Maulana, Alief, H., Aribowo, D., Inawati, 2015, Analisa Kondisi Generator Transformer Menggunakan Metode Thermography, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Fatoni, A., Wibowo, R. S., Soeprijanto, A., 2016, Analisa Keandalan Sistem Distribusi 20 kV PT. PLN Rayon Lumajang Dengan Metode FMEA, Jurnal Teknik ITS, 5(2). Surabaya.

PT. Elektrika Rekayasa Energi, 2017, D600 Manual Bahasa Indonesia DSeries, Banten.


Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF - 94 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v15i2.9754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 MEDIA ELEKTRIKA



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: mediaelektrika@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.