Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang dalam Pengerjaan Skripsi

Natasya Elza Ahyani(1*), Suprihartini Suprihartini(2), Andra Novitasari(3)


(1) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Skripsi merupakan sebutan untuk menggambarkan karya tulis ilmiah berbentuk penjelasan hasil penelitian sarjana yang membahas sebuah permasalahan ataupun fenomena sesuai dengan bidang ilmu tertentu menggunakan aturan-aturan yang berlaku. Pengerjaan skripsi yang cukup rumit membuat beberapa mahasiswa mendapat tekanan sehingga menimbulkan rasa cemas. Cemas yakni perasaan yang subyektif mengenai ketegangan mental yang membuat gelisah sebagai reaksi yang umum dari ketidakmampuan menangani suatu permasalahan ataupun perasaan tidak aman. Begitu pula hal nya dengan yang dialami para mahasiswa saat menghadapi skripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kecemasan mahasiswa S1 Fakultas Universitas Muhammadiyah Semarang yang sedang dalam proses penyusunan skripsi

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan melakukan total sampling pada angkatan 2018, 2017, dan 2016 yang masih dalam proses pengerjaan skripsi. Instrumen yang digunakan Zung Self Rating Anxiety Scale (SAS/ZSRAS) dan di analisis secara univariat

Hasil: Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang dalam Pengerjaan Skripsi sebanyak 97 responden (58,10%) tidak mengalami kecemasan, 55 responden (32,9%) mengalami cemas ringan, 15 responden (9%) mengalami cemas sedang, dan tidak ada responden yang mengalami cemas berat.

Kesimpulan: Tingkat kecemasan mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang yang sedang dalam pengerjaan skripsi sebanyak 97 (58,1%) mayoritas tidak mengalami kecemasan.


Keywords


kecemasan, skripsi, mahasiswa kedokteran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Yulianto A. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; p. 1483.

Vrichasti Y, Safari I, Susilawati D. Tingkat kecemasan stres dan depresi mahasiswa terhadap pengerjaan skripsi dalam situasi pandemi covid-19. SpoRTIVE. 2020;5(3):160.

Malfasari E, Devita Y, Erlin F, Filer F. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam me-nyelesaikan tugas akhir di stikes payung negeri pekanbaru. J Ners Indones. 2019;9(1):124–31.

Julita. Faktor-faktor penghambat dalam penyelesaian skripsi maha-siswa di jurusan kesejahteraan ke-luarga. [Tesis]. Padang: Universitas Negeri Padang; 2015.

Lubis N. Depresi tinjauan psikologis. Jakarta: KENCANA; 2016.

Fauziah N, Rafiyah I, Solehati T. Parent’s anxiety towards juvenile deliquency phenomenon in bandung, indonesia. NurseLine J. 2018;3(2):52.

Hastuti RY, Arumsari A. Pengaruh Terapi hipnotis lima jari untuk menu-runkan kecemasan pada ma-hasiswa yang sedang menyusun skripsi di stikes muhammadiyah klaten. Angew Che-mie Int Ed. 2018; 6(11):951–2.

Yulanda Prabawati A, Ratna Estria S. Anxiety factors in students in com-pleting thesis. Proc Ser Heal Med Sci. 2020;1:66–8.

Marjan F, Sano A, Ifdil I. Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelit Guru Indones. 2018;3(2):84.

Mirza R. Perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa pro-gram reguler dengan siswa program akselerasi di sma swasta al-azhar me-dan. TAZKIYA J Psychol. 2014;19(2): 223.

Livana, Susanti Y, Arisanti D. Tingkat ansietas mahasiswa dalam me-nyusun skripsi. Community Publ Nurs. 2018; 6:115–20.

Saddock B, VA S, Ruiz P. Kaplan & Sadock’s comprehensive textbook of psychiatry: anxiety disorders. New York: Lippincott Williams & Wilkins; 2017.

Iqbal S, Gupta S, Venkatarao E. Stress, anxiety & depression among medical undergraduate students & their socio-demographic correlates. Indian J Med Res. 2015;141(3):354–7.

Borrow AP, Handa RJ. Estrogen Receptors modulation of anxiety-like behavior. Vitam Horm. 2017;103:27–52.

Ramadhan AF, Sukohar A, Saftarina F. Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fa-kultas Kedokteran Universitas Lam-pung. Medula. 2019;9(1):78–82.

Cornell University Learning Strategies Center. Understanding Academic An-xiety. Learn Strateg Center- Cornell Univ. 2016;1.

Komba SC. Challenges of writing theses and dissertations among postgraduate students in Tanzanian higher learning institutions. Int J Res Stud Educ. 2015;5(3).

Rizkiyati RB. Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Angkatan 2015. IAIN Purwokerto;

Tresna IG. Efektivitas konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian. Integritas J Penelit Pendidik Karakter. 2011;Edisi Khusus I:90–104.


Article Metrics

Abstract view : 911 times
PDF - 256 times

DOI: https://doi.org/10.26714/medart.4.2.2022.1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact

Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang, Indonesia
Email: [email protected]