PENGARUH DOSIS PAPARAN ASAP ROKOK TERHADAP JUMLAH ERITROSIT DAN KADAR HEMOGLOBIN (Studi Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar)

Wulandari W(1*), Sayono S(2), Wulandari Meikawati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Salah satu dari beberapa faktor yang dapat menyebabkan anemia adalah keberadaan asap rokok. Kandungan asap rokok misalnya tar, dapat menyebabkan kerusakan sumsum tulang dan radikal bebas menyebabkan hemolisis sel darah merah. Sebanyak 85,4% perokok aktif, merokok dalam rumah bersama keluarga sehingga mengancam kesehatan lingkungan. Tujuan : Mengetahui pengaruh berbagai dosis paparan asap rokok terhadap jumlah eritrosit dan kadar Hemoglobin (Hb). Metode : Rancangan penelitian ini adalah after only with control design, dengan menggunakan sampel tikus jantan galur wistar. Sejumlah 24 tikus yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, yang dibagi dalam 4 kelompok perlakuan. Satu kelompok tanpa perlakuan dan tiga kelompok lainnya diberi paparan asap rokok dengan dosis bertingkat masing-masing 1 batang/ hari, 2 batang/ hari, dan 4 batang/ hari. Tikus dipapari asap rokok selama 28 hari. Di akhir penelitian tikus diambil darahnya untuk diperiksa jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin. Data dideskripsikan dalam bentuk tabel, dianalisis dengan Anova Oneway dan Post hoct dengan LSD. Hasil : Rata-rata jumlah eritrosit dan kadar Hb adalah: Kelompok K = (6,73 x 106 /l dan 11,6gr/dl ); Kelompok P1=(5,27 x 106/l dan 9,38 gr/dl); Kelompok P2= (4,53 x 106/l dan 8,1 gr/dl); Kelompok P4=(4,45 x 106 /l dan 7,4 gr/dl); berbeda signifikan pada jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin (p value = 0,000). Simpulan : Paparan asap rokok dapat menyebabkan penurunan jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin.Kata Kunci : eritrosit, hemoglobin, asap rokok.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2913 times
PDF - 887 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.8.2.2013.55-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.