Jurnal Teknik Mesin

Editorial Policies

Focus and Scope

TRAKSI merupakan sebuah Majalah Ilmiah Teknik Mesin berkala yang berdiri sejak Tahun 2003. Sebuah jurnal dengan eISSN 2579-9738 / ISSN 1693-3451 ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.

Majalah Ilmiah Teknik Mesin - TRAKSI mewadahi para peneliti dan akademisi baik Nasional maupun Internasional dalam mempublikasikan hasil penelitian, review ilmiah dan gagasan ilmiah dibidang rekayasa atau keteknikan.

Beberapa bidang keteknikan yang dapat dimuat di Majalah Ilmiah Teknik Mesin (TRAKSI) ini adalah:

  • Desain dan Manufaktur
  • Material Teknik
  • Mekanika Bahan
  • Konversi Energi
  • Robotika dan Pengendalian
  • Rekayasa Otomitif
  • Softawre Mekanikal

Majalah ilmiah yang dikelola oleh Program Studi S1 Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) ini selalu selektif dalam menentukan artikel yang masuk.

Artikel-artikel yang dimuat di Jurnal TRAKSI adalah artikel yang telah melalui proses penelaahan oleh Mitra Bebestari (peer-reviewers). Keputusan diterima atau tidaknya suatu artikel ilmiah di jurnal ini menjadi hak dari Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi dari Mitra Bebestari.

Informasi lebih lanjut terkait dengan Majalah Ilmiah Teknik Mesin ini dapat menghubungi Ketua Editor.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Editorial Articles

Artikel yang berada di sini adalah kumpulan dari dari editor dari setiap terbitan. Artikel yang ada di sini tidak melalui team review dan tidak di indeks oleh manapun.

Checked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel-artikel yang dimuat di Jurnal TRAKSI adalah artikel yang telah melalui proses penelaahan oleh Mitra Bebestari (peer-reviewers) sekurang-kurangnya oleh 2 orang reviewr secara single blad.

Keputusan diterima atau tidaknya suatu artikel ilmiah di jurnal ini menjadi hak dari Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi dari Mitra Bebestari.

Informasi lebih lanjut terkait dengan Majalah Ilmiah Teknik Mesin ini dapat menghubungi Ketua Editor

 

Publication Frequency

Majalah Ilmiah Teknik Mesin TRAKSI selalu konsisten dalam penerbitan jurnal dalam setiap volume. Dalam setiap tahun majalah ilmiah ini terbit sebanyak 2 (dua) kali pada Bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...