Perancangan Roda Gigi Miring Transmisi Gardan Motor Mio M3 125
(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Roda gigi pada sistem transmisi hanya mendapatkan momen puntir, terdapat kontak gigi antara pinion dan gear. Kontak antar gigi yang kasar dapat menyebabkan ketidakseragaman gaya kontak antar gigi dengan gigi yang lainnya, disebabkan karena ketika melakukan perancangan tidak teliti. Perancangan roda gigi miring meliputi menghitung dimensi, faktor keamanan, dan tegangan yang terjadi pada elemen mesin tersebut. Hal tersebut yang harus diperhatikan dalam melakukan perancangan roda gigi miring agar dapat dipakai dengan baik. Hasil perancangan pasangan roda gigi miring diperoleh modul 1,5mm, diameter kepala pinion 27,2mm sedangkan gear 75,4mm, torsi yang terjadi sebesar 0,84 kgf, dan tegangan yang terjadi rodagigi pinion sebesar 8,33 kgf/mm2 lalu roda gigi gear 21,08 kgf/mm2.
Kata Kunci : Roda Gigi Miring
Keywords
References
Budi, S. (2007). “PERANCANGAN RODA GIGI METODE NIEMANN”,
Semarang.
Dheny, D. (2017). Perancangan Ulang Transmisi Roda Gigi 1 Pada Mobil
Toyota Hiace 2.5L. Cimahi.
Erinofiardi., Kevin, A., & Hendra. (2013). Perancangan Roda Gigi Lurus, Roda
Gigi Miring, dan Roda Gigi Kerucut Lurus Berbasis Program Komputasi. Jurnal Mechanical , 4(1), 16-21.
Henry, S. (2014). Perancangan Elemen Mesin (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 174 timesDOI: https://doi.org/10.26714/traksi.23.1.2023.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 TRAKSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)
Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)
Jl. Kasipah No. 12 Semarang
E-mail: traksi@unimus.ac.id Call: 0248445768
Sponsors
Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)
Website: www.apti.or.id