PEMBENTUKAN KRISTAL CaCo3 PADA PIPA TEMBAGA DENGAN KONSENTRASI LARUTAN 3500ppm Ca++ DAN LAJU ALIRAN 30 ML/MENIT

Tri Aryanto, Samsudi Raharjo

Abstract


Pembentukan kerak pada sistem perpipaan di industri maupun rumah tangga menimbulkan banyak permasalahan teknis dan ekonomis. Hal ini disebabkan karena kerak dapat menutupi atau menyumbat air yang mengalir dalam pipa dan sekaligus menghambat proses perpindahan panas pada peralatan penukar panas. Sehingga kerak yang terbentuk pada pipa-pipa akan memperkecil diameter dan akhirnya meningkatkan biaya produksi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan alat Closed Circuit Scale Simulator, memahami
mekanisme pembentukan kerak CaCo3 didalam pipa dengan aliran laminer dan mengkaji hasil morfologi, kristalograpi dan komposisi kerak. Percobaan dilakukan dengan beberapa kupon yang terbuat dari pipa tembaga yang merupakan bahan pipa yang umum digunakan dalam industri. Dalam penelitian ini dilakukan suatu pengembangan alat untuk mensimulasikan pertumbuhan kerak di dalam pipa uji. Alat uji ini dirangkai pada suatu rangka yang terbuat dari bahan plat besi siku.
Hasil yang didapatkan selama pengujian dengan mereaksikan CaCl2 dan NaCO3 menggunakan larutan Ca2+ berkonsentrasi 3500 ppm dengan laju alir 30 ml/menit, dapat menumbuhkan kerak CaCO3 dengan Berat kerak Total sebesar 0,200 gram, waktu induksi yang dibutuhkan adalah 10 menit. Dan dari hasil SEM CaCo3 diketahui bentuk kristal yang dihasilkan seratus persen Rombohedral.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 173 times

DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.15.1.2015.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 T R A K SI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin

ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)

Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)  

 
ADDRESS

Jl. Kasipah No. 12 Semarang

E-mail: traksi@unimus.ac.id Call: 0248445768


Sponsors

Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)

Website: www.apti.or.id