EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MUSICOOL PADA MESTN AC (studi Kasus: AC merk Tosiba dan Panasonik di Universitas Negeri Semarang)

Samsudi Raharjo

Abstract


MUSIcool rnerupakan refigerant produk PT PERTAMINA (PERSERO) sebagai
media pendingin ruangan yang ramah lingkungan dan hemat energy. MUSIcool dengan bahan dasar Hidrocarbon merupakan hasil kilang Migas yang diformulasikan sebagai pengganti Refrigerant R- 12,R-22 dan R-l34a mengingat Freon adalah jenis refrigerant yang dapat merusak lapisan ozon. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan sebagai penyebab meningkatnya penyakit kangker kulit dan katarak pada manusia. Generasi mendatang dalam ancaman bahay4 oleh sebab itu perlu dilakukan langkah-langkah menghentikan progresivitas global warming melalui perbaikan lingkungan secara global dan berkesinambungan dar, membeli produk-produk yang ramah lingkungan (Permendag. No.24/Iv1-DAG/PER/6/2006 ). Hasil Pengujian pada beban AC yang sama dalam penelitian ini mengunakan dua merk AC split beban 1,5 PK dan setiap merk disediakan 5 buah AC menuryukkan bahwa kerapatan MUSIcool lebih kecil disbanding dengan CFC, dan kerja
kompresor lebih ringan 25 oh, rasio tekanan kondensasi terhadap evaporasi lebih kecil 0,5 -l L nilai viscositas lebih kecil kemudian efek refrigerasi , coeficient of Performance ( COP ) dan konduktifitas bahan lebih besar.
Kata Kunci: Refrigeran MUSIcool, Ramah Lingkungan dan Ilemat Energi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 172 times

DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.11.1.2011.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin

ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)

Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)  

 
ADDRESS

Jl. Kasipah No. 12 Semarang

E-mail: traksi@unimus.ac.id Call: 0248445768


Sponsors

Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)

Website: www.apti.or.id