METODE PERHITUNGAN CRITICAL COMPONENT LIFETIME PREDICTION DAN KEANDALAN DENGAN MENGGUNAKAN WEIBULL PADA COAL HAULER TRUCK

Rubijanto Juni Pribadi

Abstract


Kebutuhan akan transportasi material dalam industri pertambangan batubara harus efisien dan tangguh, salah satu transportasi material yang digunakan adalah Coal hauler truck. Coal hauler truck adalah jenis heavy duty dump truck yang sangat besar yang digunakan untuk mengangkut batubara yang sudah selesai di tambang menujur port (dermaga) di medan yang kasar, dan kadang-kadang jalan umum. Daerah tambang yang tidak beraturan adalah tempat Coal hauler truck beroperasi, oleh karena itu Coal hauler truck harus tetap dalam kondisi performa yang bagus agar dapat bekerja dengan maksimal. Dengan tujuan memaksimalkan produksi diperlukan juga maintenance yang tepat untuk memaksimalkan performa yang maksimal dari Coal hauler truck.

Penelitian ini menggunakan metode tabel weighting untuk menentukan komponen kritis pada Coal hauler truck dan metode Weibull untuk menganalisi keandalan setiap komponen kritis. Untuk menentukan prediksi umur dari setiap komponen kritis menggunakan rusmus Mean Time To Failure(MTTF). Dengan mengetahui prediksi umur setiap komponen kritis maka dapat disusun jadwal periodic maintenance sehingga dapat mengurangi downtime akibat waiting part pada coal dump truck.

Hasil pengujian menggunakan tabel weighting diperoleh komponen paling kritis adalah komponen coupling cone dengan nilai MTTF 9553 jam dan keandalan saat MTTF sebesar 0,53 atau 53%. Maka komponen coupling cone dilakukan periodic maintenance pada PS-2 di HM 9500 dan 19000.



Keywords


Reliability, distribusi Weibull, Prediction Lifetime, Mean Time To Failure, Coal Hauler Truck

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 3 times

DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.20.1.2020.24-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 T R A K SI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin

ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)

Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)  

 
ADDRESS

Jl. Kasipah No. 12 Semarang

E-mail: traksi@unimus.ac.id Call: 0248445768


Sponsors

Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)

Website: www.apti.or.id