Analisis Kekuatan Struktur Pondasi Mesin Pada Kapal TB. Sungai Sepaku 155 GT Dengan Metode Elemen Hingga
(1) ITK
(*) Corresponding Author
Abstract
Pondasi mesin pada kapal adalah salah satu bagian yang harus terjamin kekuatannya karena konstruksi ini menerima akumulasi dari gaya berat mesin dan momen torsi sistem propulsi sehingga mengakibatkan terjadinya tegangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kekuatan konstruksi pondasi mesin pada saat menerima beban dan mengetahui faktor keamanannya sesuai standar yang dijinkan. Kekuatan konstruksi pondasi mesin dianalisa menggunakan metode elemen hingga yang dibantu aplikasi berbasis elemen hingga dengan memvariasikan moment torsi pada mesin sebesar 100%, 80%, dan 50%. Hasil penelitian didapatkan tegangan maksimum yang terjadi pada pondasi mesin saat torsi 100% 80%, dan 50% sebesar σmax= 105 Mpa dengan regangan maksimum sebesar ε = 52 x 10-5. Untuk nilai faktor keamanan pondasi mesin pada setiap skenario nilai torsi berada di atas 1 sehingga masih aman.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 973 timesPDF - 105 times
DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.20.2.2020.81-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 T R A K SI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)
Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)
Jl. Kasipah No. 12 Semarang
E-mail: [email protected] Call: 0248445768
Sponsors
Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)
Website: www.apti.or.id