MODIFIKASI CATALYTIC CONVERTER MENGGUNAKAN TEMBAGA BERLAPIS MANGAN UNTUK MEREDUKSI EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Untuk mengurangi polusi udara yang mengandung toksisitas dari mesin pembakar internal digunakan perlengkapan piranti I alat yang disebut Catalytic Converter . AIat ini telah digunakan di USA sejak 1975 karena peraturan Envoronmental Protection Agency (EPA) yang semakin ketat tentang gas buang kendaraan bermotor. Alat ini mengkonversi senyawa-senyawa toksit dalam gas buang menjadi zat-zat yang kurang toksit atau tidak toksit. (Jenbacher, 1996). Namum demikian harga alat tersebut masih sangat mahal di pasaran dan tidak semua kendaran bermotor menggunakan teknologi tersebut. Hal ini disebabkan oleh pemakaian katalis yang terbuat dari bahan logam mulia yang mahal dan jarang didapatkan dipasaran seperti Paladium, Platinum, dan Rodium. Katalis tersebut sangat rentan terhadap unsur timbal (Pb) dalam bahan bakar yang berakibat dapat merusak fungsi katalis karena akan terjadi penyumbatan pada honeycomb Catalytic Converter . Catalytic Converter merupakan salah satu alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk menurunkan polutan dari emisi kendaraan bermotor,khususnya untuk motor berbahan bakar bensin (Heisler, 1995). Catalityc converter berfungsi untuk mempercepat oksidasi emisi Hidrokarbon (HC) dan
Carbon Monoksida (CO), serta mereduksi Nitrogen Oksida (NOx). Penelitian ini merupakan bagian dari desertasi penulis yang bertujuan untuk rancang disain dan rancang bangun Catalytic Converter serta mengetahui karakteristik bahan Katalis, yang pada akhirnya dapat mengurangi polutan Karbon Monoksida pada emisi gas buang dengan penambahan lapisan Mangan pada Tembaga.
Kata Kunci: catalytic converter , Katalis, Tembaga, Mangan, Emisi Gas
Buang, Karbon Monoksida
Carbon Monoksida (CO), serta mereduksi Nitrogen Oksida (NOx). Penelitian ini merupakan bagian dari desertasi penulis yang bertujuan untuk rancang disain dan rancang bangun Catalytic Converter serta mengetahui karakteristik bahan Katalis, yang pada akhirnya dapat mengurangi polutan Karbon Monoksida pada emisi gas buang dengan penambahan lapisan Mangan pada Tembaga.
Kata Kunci: catalytic converter , Katalis, Tembaga, Mangan, Emisi Gas
Buang, Karbon Monoksida
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 447 timesPDF - 63 times
DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.11.2.2011.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)
Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)
ADDRESS
Jl. Kasipah No. 12 Semarang
E-mail: [email protected] Call: 0248445768
Sponsors
Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)
Website: www.apti.or.id