PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP PENINGKATAN FREKUENSI DAN DURASI MENYUSU PADA BAYI USIA 1 – 3 BULAN

Farida Farida(1*), Mardianti Mardianti(2), Komalasari Komalasari(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Angka kejadian gizi kurang di Indonesia tahun 2010 sebanyak 17,9%. Angka kejadian BGM (Bawah garis merah) pada bayi di kabupaten karawang tahun 2012 sebanyak 11,43 %.Kepala Puskesmas Cikampek menyatakan bahwa sebanyak 14 balita di kecamatan cikampek terindikasi menderita gizi buruk. Kurang gizi pada bayi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga tidaklah salah bila banyak kecemasan orang tua terfokus pada kenaikan berat badan bayi khususnya dalam tahun-tahun pertama kehidupannya.  Kenaikan berat badan bayi. sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi. Pijat bayi mudah dipelajari dan umumnya dengan beberapa kali latihan para orang tua sudah mahir, disamping murah karena hanya memerlukan minyak/baby oil, juga banyak manfaatnya. Salah satu dari manfaat pijat bayi adalah peningkatan nafsu makan ini ditambah dengan peningkatan aktivitas nervus vagus/saraf pengembara (system saraf otak yang bekerja untuk daerah leher ke bawah sampai dada dan rongga perut) dalam menggerakkan sel peristaltic (sel di saluran pencernaan yang menggerakkan dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, bayi cepat lapar atau ingin makan karena pencernaannya semakin lancar.Air susu ibu (ASI) merupakan asupan nutrisi utama pada bayi khususnya bayi dibawah 6 bulan.  ASI diproduksi atas hasil kerja gabungan antara hormone Oksitoksin,  Prolaktin dan Reflek Let Down. Sehingga faktor psikologis ibu dan faktor bayi sangat berkaitan dengan produksi ASI.   Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy experimenntal (eksperimen semu) berupaya mengungkapkan hubungan sebab akibat antara variabel bebas (prediktor) denagn variabel tergantung (efek) dalam periode waktu tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua bayi 1-3 bulan di Puskesmas Cikampek Karawang.Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eklusi. Untuk menganalisis pengaruh pijat bayi terhadap frekuensi dan durasi menyusu pada bayi 1-3 bulan di Puskesmas Cikampek Kabupaten Karawang dengan menggunakan Uji T test. Hasil penelitian diperoleh data bahwa ada pengaruh antara pijat bayi dengan frekuensi menyusu pada bayi dengan nilai P (0,000) dan tidak ada pengaruh antara pijat bayi dengan durasi menyusu pada bayi ( P value 0,563 ). Diharapkan bidan dapat terus memotivasi ibu untuk melakukan pijat bayi sehingga akan meningkatkan frekuensi menyusui pada bayinya dan memotivasi untuk tetap memberikan ASI Eklusif pada Bayinya.


Keywords


Pijat bayi; frekuensi menyusu; durasi menyusu;

Full Text:

PDF

References


Dieter JNI, Field T, Hernandez M, Eugene, Redzepi M. 2014. Stable preterm infant gain more weight and sleep less after five days of massage therapy. Journal of pediatric psychology vol 28, no 6.

Erlian E. 2012. Pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan frekuensi menyusui dan berat badan bayi di Rumah Sakit Sitti Khadijah 1 Makassar, Skripsi.

Fraser DM. 2003. Myles buku ajar bidan. Jakarta: EGC.

Fitriani L, Nurhidayanti N. 2007. Pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan nafsu makan pada bayi usia di atas 6 bulan. 2007.

Field T, Scafidi & Schanberg. 1987. Massage of preterm newborns to improve growth & development. Journal Pediatric Nursing vol 13.

Falikhah A, Hidayat A. 2015. Pengaruh pijat bayi terhadap frekuensi menyusui pada bayi 0-3 bulan di BPS Dini Melani Condong Catur Sleman Yogyakarta, Naskah Publikasi.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Rencana kerja pembinaan gizi masyarakat tahun 2013. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. Profil kesehatan provinsi perkabupaten. 2013 [diunduh 20 oktober 2014]. Tersedia dari: www.bankdata.depkes.go.id.

Kundarti FI. 2011. Pengaruh pemijatan terhadap kenaikan berat badan dan lama tidur bayi usia 1 sampai 3 bulan. Jurnal penelitian kesehatan suara forikes vol II.

Lutfianti T, Ain H, Astuti NP. Pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan bayi usia 1-6 bulan di posyandu melati desa Banjararum singosari malang.

Lee HK. The effects of infant massage on weight, height and mother-infant interaction. Journal of Korean academy of nursing vol 36, no 8

Roesli U. 2001. Pedoman pijat bayi premature dan bayi usia 0-3 bulan. Jakarta: Niaga swadaya.

Roesli U, 2000. Mengenal ASI Eksklusif seri 1. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Subakti Y, Anggraini DR. 2008. Keajaiban pijat bayi dan balita. Jakarta: PT wahyumedia.

Setiawan A, Saryono. 2010. Metodologi penelitian kebidanan. Yogyakarta: Nuha medika.

Varney H, Kriebs JM, Gegor CL. 2008. Buku ajar asuhan kebidanan. Vol 2. Jakarta: EGC.


Article Metrics

Abstract view : 2798 times
PDF - 95 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.7.1.2018.61-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287