Pengaruh pijat oksitosin terhadap frekuensi His, durasi His pada ibu inpartu di BPM ASRI Tuban

Umu Qonitun(1*), Mariyatul Qiftiyah(2)


(1) Program Studi D-III Kebidanan STIKes Nahdlatul Ulama Tuban
(2) Program Studi D-III Kebidanan STIKes Nahdlatul Ulama Tuban
(*) Corresponding Author

Abstract


Persalinan sangat penting dilakukan observasi HIS yaitu dengan melihat frekuensi dan durasi His sehingga proses persalinan kala I akan berlangsung dengan mulus, baik pada primi maupun multi (Astuti, 2013). Jika lama persalinan kala I berlangsung tidak normal maka masalah potensial dimungkinkan terjadi. Dan jika kontraksi uterus  tidak baik maka pembuluh darah di daerah plasenta tidak terjepit dengan maksimal, hal ini yang mengakibatkan perdarahan postpartum (Studi, Keperawatan, Perintis, & Bakti, 2016). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pijat oksitosin terhadap frekuensi his dan durasi his pada ibu inpartu di BPM ASRI Tuban.. Desain penelitian ini pra eksperimental (static-group comparation design) dengan pendekatan kohort, populasinya seluruh ibu bersalin normal di BPM ASRI Tuban bulan februari – mei 2019 sejumlah 60 responden, dengan menggunakan teknik sampling sistematik random sampling didapatkan jumlah sampel 52 responden dibagi menjadi kelompok kontrol (26 responden) dan kelompok eksperimen (26 responden). Variabel independen Pijat oksitosin sedangkan variabel dependen frekuensi his dan durasi his. Analisa data menggunakan  independent sample t-Test dengan SPSS Vs 23.  Frekuensi his pada kelompok eksperimen sebagian besar 14 responden (53,8%) mendapatkan Frekuensi his 4 kali dalam 10 menit dan ada Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Frekuensi His  pada Ibu inpartu di BPM ASRI Tuban Tahun 2019. Sedangkan durasi his pada kelompok eksperimen sebagian besar 16 responden (61,5%) mendapatkan durasi his >40 detik dan ada Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap durasi His  pada Ibu inpartu di BPM ASRI Tuban Tahun 2019. Terdapat pengaruh pijat oksitosin terhadap Frekuensi his dan durasi his pada ibu inpartu di BPM ASRI Tuban, diharapkan pada tenaga kesehatan khususnya para bidan dapat menerapkan pijat oksitosin pada persalinan kala I yang mana akan memperlancar proses persalinan dan dapat mengurangi kejadian kematian ibu.

 


Keywords


pijat oksitosin; frekuensi HIS; durasi HIS; persalinan normal

Full Text:

PDF

References


A.R, Pamingki Ritno, Yuniastini, T. A. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Partus Lama. Jurnal Keperawatan:

Astuti, M. dan A. P. (2013). Perbedaan Lama Kala I Fase Aktif Pada Ibu Bersalin yang Dilakukan dan yang Tidak Dilakukan Pijat Endorphin di RB Margo Waluyo Surakarta. Jurnal Kebidanan STIKES Ngudi Waluyo.

Azizah, I. N., Widyawati, M. N., & Anggraini, N. N. (2011). Pengaruh Endorphin Massage Terhadap Intensitas Nyeri Kala I Persalinan Normal Ibu Primipara di BPS S dan B Demak Tahun 2011. Kebidanan.

Boediman, L. M., & Desnawati, S. (2019). The Relationship between Parenting Style and Children’s Emotional Development among Indonesian Population. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET.

Cunningham. (2015). Kehamilan dan Persalinan. Kesehatan.

Kemenkes RI. (2013). Kehamilan, Persalinan, dan Nifas Normal. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar Dan Rujukan.

Khonsary, S. (2017). Guyton and Hall: Textbook of Medical Physiology. Surgical Neurology International.

Kurniawan, A., Santamaria, E. K., Operario, D., Tarkang, E. E., Zotor, F. B., Cardoso, S. R. de S. N., … Volk, J. E. (2017). Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. BMC Public Health.

Mochtar, R. (2011). Sinopsis Obstetri Jilid I. 2011.

Mutmainnah, A. U., Johan, H., & Llyod, S. S. (2017). Asuhan Persalinan Normal dan Bayi Baru Lahir. Andi.

Pratimi, B. M. A., Ernawati, E., & Saudia, B. E. P. (2020). Pengaruh Masase Endorphin Terhadap Peningkatan Produksi Asi Pada Ibu Post Partum Di Wilayah Kerja Puskesmas Bagu. Jurnal Midwifery Update (MU).

Qonitun, U., & Betalia, B. (2018). Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Bersalin Normal di Polindes Permata Bunda Kelurahan Perbon Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Jurnal Kebidanan.

Riyanto. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Partus Lama di Puskesmas Poned Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai.

Rukiah, A. Y. dkk. (2009). Asuhan Kebidanan II Persalinan. TIM.

Sofia, D. (2017). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Proses Involusi Uterus The Effect Of Oxytocin Massage To Involution Uterine Process. Journal Oksitosin Kebidanan.

Studi, P., Keperawatan, I., Perintis, S., & Bakti, K. (2016). JURNAL IPTEKS TERAPAN Research of Applied Science and Education V9.i4 (282-293). Jurnal Ipteks Terapan.

Suwondo, A., & Wahyuni, S. (2013). Efektifitas Kombinasi Pijat Oksitosin Tehnik Effleurage Dan Aromaterapi Rose Terhadap Kadar Prolaktin Post Partum Normal Di Puskesmas Dawe Kudus Tahun 2013. Jurnal Ilmiah Bidan.

Turlina, L., & Eka Ratnasari, N. V. (2016). Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Penurunan Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif Di Bps Ny. Mujiyati Kabupaten Lamongan. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah.

varney. (2010). Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Hubungan ketuban pecah dini.

Widiyanti, F. A., Setyowati, H., Sari, K., & Susanti, R. (2014). Perbedaan Antara Dilakukan Pijatan Oksitosin Dan Tidak Dilakukan Pijatan OksitosinTerhadap Produksi ASI Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambarawa. Journal Kebidanan Ngudi Waluyo.

Wijayanti, L. (2014). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Postpartum. Stikes Aisyiyah.


Article Metrics

Abstract view : 1620 times
PDF - 7 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jk.10.1.2021.75-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



JURNAL KEBIDANAN

Program Studi Kebidanan
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
NRC Building, 2nd FLoor
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang
Tlp. +6224-76740288, Fax. +6224-76740287