ASI Eksklusif Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak 2-3 Tahun

Hema Dewi Anggraheny(1*), Djoko Sugiarto(2), Sandhy Hapsari(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Pemberian ASI eksklusif mempengaruhi perkembangan motorik anak. Di dalam asi banyak terdapat zat gizi yang penting untuk menunjang perkembangan motorik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik anak usia 2 3 tahun yang diberi ASI eksklusif dan non ASI eksklusif.

Metode : Jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sample dilakukan secara simple random sampling, dengan obyek penelitian adalah batita 2 3 tahun sebanyak 103 batita. Perkembangan motorik anak dinilai dengan menggunakan Denver Development Screening Test (DDST). Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan uji statistik chi square dan odd ratio.

Hasil : Sebagian besar responden mendapatkan ASI eksklusif sebanyak 59 batita (57,3%). Sebagian besar responden memiliki perkembangan motorik sesuai usianya (67%). Responden yang diberi ASI eksklusif 29,4 kali meningkatkan perkembangan motorik dibandingkan dengan responden yang diberi non ASI eksklusif.

Simpulan : ASI eksklusif meningkatkan 29,4 kali perkembangan motorik anak usia 2-3 tahun.

Kata kunci : ASI, perkembangan motorik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang, Jawa Tengah, Indonesia : Telp. +62 24 841 5 764 | email: [email protected] , [email protected]