READER-RESPONSE ANALYSIS IN GONE WITH THE WIND NOVEL BY MARGARET MITCHELL

Putu Diah Kanserina(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah analisis mengenai kepribadian para tokoh utama yang diungkapkan di alam novel Gone With The Wind karya Margaret Mitchell, dengan rumusan masalah “Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepribadian para tokoh utama di dalam Gone With The Wind, berdasarkan pada analisis respon pembaca (reader-response)”. Objek studi ini merupakan pemenang dari Pulitzer Prize dan National Book Award di 1936.
Data yang terkait dengan penelitian ini adalah berbentuk kata, kalimat, dan kutipan yang diambil dari novel tersebut. Data tersebut diambil dari pembacaan terhadap novel tersebut dengan menyeleksi data yang terkait dengan analisis. Untuk mendukung analisis, dua rekan penulis (Akhlis and Vivi) memberikan dukungan terhadap detail dari cerita. Penulis bertanya satu demi satu tentang para tokoh utama dan faktor-faktor yang memengaruhi kepribadian para tokoh utama. Analisis dilakukan menggunakan beberapa teknis yang meliputi pemilihan, mengutipan, penjelasan, dan pembuatan kesimpulan dan saran. Analisis menghasilkan beberapa temuan. Terdapat juga beberapa data yang merefleksikan kepribadian para tokoh utama. Pertama, ditemukan beberapa faktor seperti cinta, pernikahan, dan patriotisme. Kedua, penulis dan rekan tidak belajar tentang perang yang terjadi di abad kedelapan belas tetapi belajar tentang mengapresiasi orang lain. Kita juga seharusnya memiliki sikap “memberi dan menerima” terhadap pasangan kita. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kita harus menghargai institusi pernikahan. Kita harus mengapresiasi pasangan kita. Jika kita tidak menyintai pasangan kita, sebuah cinta yang sejati tidak akan terjalin.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2179 times
PDF - 85 times

DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.5.1.2015.25-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 LENSA



Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Foreign Language and Culture,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: