A STUDY ON THE ABILITY IN WRITING A RECOUNT TEXT BY USING PICTURES OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 2 TAMBAKROMO PATI ACADEMIC YEAR 2012/2013

Dian Candra Prasetyanti(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tambakromo Pati yang sudah diajari menggunakan media gambar.
Penelitian ini dilakukan pada 7-8 Februari 2013 di SMPN 2 Tambakromo Pati. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tambakromo Pati. Ada 102 siswa dan penulis
menggunakan metode purposive. Penulis mengambil 31% dari populasi yaitu 31 siswa dari kelas C yang diharapkan dapat mewakili seluruh populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebuah tes. Para siswa
diminta untuk menulis sebuah paragraf teks recount. Elemen dari penulisan yang akan ditelitiadalah isi, susunan, grammar, penggunaan kata dan mekanisme. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan penelitian perpustakaan dan
penelitian lapangan. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan persentase penilaian dalam tes para siswa untuk mengetahui kemampuan dalam tes menulis, kemudian penulis juga mengunakan rumus mean/ rata untuk menghitung kemampuan rata-rata semua siswa dalam menguasai penulisan teks recount. Setelah memberikan tes menulis, penulis menyimpulkan bahwa siswa yang mendapatkan nilai A=
0 (0%), B= 12 siswa (38,7%), C= 12 siswa (38,7%), D= 6 siswa (19,4%) and E= 1 siswa(3,2%). Penulis juga mendapatkan bahwa kemampuan menulis teks recount para siswa yang
menggunakan gambar adalah 68,67%, kemudian penulis menggunakan referensi criteria penilaian dari Sutrisno Hadi dan penulis mendapatkan hasil bahwa kemampuan menulis teks recount para siswa adalah memuaskan. Untuk menambah kualitas belajar dan pembelajaran bahasa Inggris dan untuk
mendapatkan hasil yang memuaskan di SMP, penulis menyarankan bahwa para guru bahasa Inggris seharusnya memberikan materi menulis yang tepat, member banyak latihan sebagai pekerjaan rumah, memberikan pelajaran ulangan pada para siswa yang mendapatkan nilai rendah, dan menggunakan bermacam-macam teknik pengajaran yang menyenangkan bagi siswa
seperti menggunakan gambar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 404 times

DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.4.1.2014.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 LENSA



Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Educational Science and Humanity,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: