DEVELOPING STUDENTS? WRITING SKILL ON RECOUNT TEXT BY USING PHOTOGRAPH AND GROUP GRID TECHNIQUE

Dian Candra Prasetyanti, Husnul Hotimah

Abstract


Kemampuan menulis adalah kemampuan yang sangat sulit bagi para murid Sekolah Menengah Pertama. Mereka kesulitan untuk menuliskan ide-ide mereka karena mereka merasa tidak percaya diri dalam menulis kalimat berbahasa Inggris. Oleh
karena itu, peneliti menggunakan teknik group grid dan media foto untuk merangsang para murid mendapatkan ide-ide mereka dalam menulis bahasa Inggris.
Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis para murid dalam menulis teks recount dengan teknik group grid dan media foto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti menggunakan dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini
menggunakan teknik group grid dengan menggunakan media foto untuk meningkatkan kemampuan menulis para murid dalam menulis teks recount serta untuk mengetahui pencapaian dan respon para murid selama proses pembelajaran.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam penguasaan murid dalam menulis teks recount. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata murid dalam pre-test yaitu 40.56. Kemudian, nilai rata-rata di posttest 1 adalah 72.93, dan nilai rata-rata post-test 2 adalah 78.12. Persentase kelas untuk murid yang nilainya diatas KKM dari post-test 1 adalah 53% dan post-test 2 adalah 84%. Respon para murid dalam implementasi teknik group grid dan media foto sangat bagus. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil
kuesioner dengan persentase nilai total tertinggi 96% dan nilai terendah 70%. Ratarata persentase yang didapat adalah 84%
Berdasarkan perhitungan dari hasil data, bisa disimpulkan bahwa implementasi teknik group grid dan media foto dapat
meningkatkan kemampuan para murid dalam menulis teks recount.

Kata Kunci: Menulis, teks recount, teknik group grid, foto.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.4.2.2014.111-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Foreign Language and Culture,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: