Peningkatan Keterampilan Menulis Letter of Opinion (Surat Opini) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Fantastic Card di Kelas XI (Improving the Skill of Writing Letter of Opinion in English Subject Using Fantastic Card in the 11th Grade)
(1) SMA Negeri 7 Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan siswa dalam menulis letter of opinion di Kelas XI. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI-IPS-2 SMA Negeri 15 Semarang semester 1 Tahun Pelajaran 2017-2018 sebagai hasil penggunaan media fantastic card. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan dan sikap belajar siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk data kuantitatif berupa tes tertulis ulangan harian dan data kualitatif digunakan lembar observasi atau pengamatan, lembar refleksi diri, lembar penilaian antar teman, dan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan media fantastic card dapat meningkatkan keterampilan menulis letter of opinion. Ketuntasan Belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal 53,13% menjadi 65,63% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Peningkatan keterampilan siswa dalam menulis letter of opinion pada siklus I mencapai 2,53% dari rata-rata hasil belajar pada pra siklus dan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,81% dari rata-rata hasil belajar pada siklus I atau mengalami peningkatan sebesar 9,34% jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar pada pra siklus.
Kata kunci: menulis, letter of opinion, media fantastic card
ABSTRACT
This research was aimed to find out the extent of students’ skill at writing letter of opinion in 11th grade. The research was conducted in the 11th Grade of Social Science 2at Public Senior High School 15 Semarang in Academic Year 2017-2018 after using fantastic card. It was to know the improvement of knowledge and attitude of the students during learning. Method used was class action research method with cycle technique consisting of two cycles, i.e. cycle 1 and cycle 2. Instruments of data taking were written daily tests and as for qualitative data, observation sheet, self-reflection sheet, peer evaluation sheet, and performance evaluation rubric were used. Results of the research showed that fantastic card could improve the skill of writing letter of opinion. The learning completeness improved from 53.13% to 65.63% in cycle I, and 93.75% in cycle II. The students’ skill in writing letter of opinion in cycle I improved up to 2.53% from the average learning result in pre-cycle. Meanwhile, th elearning result in cycle II improved as much as 6.81% from the average learning result in cycle I, or 9.34%, compared to the average learning result in pre-cycle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Bahri & Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Churchil, G. A. (1991). Marketing Research Metodological Foundations. New York: The Dryden Press.
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Departemen pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006. Tentang Standart Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hakim, T. (2002). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Penerbit Puspa Swara.
Harisiati, T. (1999). Penelitian Tindakan Sebagai Aplikasi Metode Ilmiah dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Bahasa. Dalam Seminar FPBS IKIP Malang.
Manser, M. H. (1991). Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press.
Munadi, Y. (2013) Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006. Tentang Standart Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto, N.. (1984). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Ramadia.
Putra, N. (2015). Research & Development, Jakarta: Rajawali Press.
Riduan. (2004). Belajar mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta: Bandung.
Rustana, C. (2002). Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Siregar, E., & Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ciawi Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Spencer, D. H. (2005). Guided Composition Exercises. Yogyakarta: Kanisius.
Sudaryo, dkk. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Semarang : IKIP Press.
Suharsimi, A. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sujana, N., & Rifai, A. (2009). Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Sulaiman D. (1988). Teknologi / Metodologi Pengajaran. Depdikbud Ditjen Dikti Proyek Pengembangan LPTK: Jakarta.
Trianto. (2007). Metode-metode Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Winataputra, U. S., dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 737 timesPDF - 16 times
DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.9.1.2019.26-45
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0
Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Educational Science and Humanity,Universitas Muhammadiyah Semarang