Penggunaan Bahasa Sunda Pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Lystiana Nurhayat Hakim(1*), Pipit Prihartanti Suharto(2)


(1) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
(2) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Bahasa Sunda merupakan bahasa pertama masyarakat Jawa Barat dan tidak sedikit orang yang menggunakan bahasa sunda diberbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam pendidikan.Sekarang ini banyak dijumpai peomena penggunaan bahasa sunda sebagai bahasa pertama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Beberapa ahli memperdebatkan penggunaan bahasa pertama dalam pengajaran bahasa asing yang dinilai akan menganggu makna, tujuan, dan fungsi bahasa Inggris. Oleh karena itu penting sekali bagi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mencari tahu fungsi dan alasan penggunaan bahasa sunda dalm pembelajaran bahasa Inggris dan mencari tahu persepsi siswa terhadap penggunaan bahasa sunda dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan studi kasus dimana tiga orang guru bahasa Inggris dan 20 orang siswa menjadi subjek penelitian. Instrumen penelitian yang dipakai ialah obesrvasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini ialah Bahasa Sunda digunakan dalam pemberian instruksi, pemberian motivasi, penjelasan kosakata dan materi ajar, menunjukan ekspresi marah, kecewa, dan bahagia, penggunaannya dilakukan dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan kemudahan ketika berkomunikasi dan berinteraksi baik dengan guru maupun teman sejawat, serta untuk menghindari kesalahpahaman makna baik dalam komunikasi biasa ataupun dalam pemeberian materi ajar. Selain itu hasil dari penelitian ini ialah siswa menunjukan persepsi positif terhadap penggunaan Bahasa Sunda dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

 

ABSTRACT

 

The purposes of this research were to investigate learners’ perception toward the use of Bahasa Sunda in English class, the function of Bahasa Sunda in EFL class, and the reasons of using Bahasa Sunda in English class. The participants were 20 students in one of Senior High School in West Java, Indonesia. This research was designed in qualitative study by distributing a questionnaire and conducting observation and interview as the data collection techniques. The findings showed that Bahasa Sunda used for giving instruction and motivation, explaining vocabulary and teaching materials, and showing several expressions of angry, disappointed, and happy. In addition, the purposes of using Bahasa Sunda in English language teachings are to create comfort atmosphere, to help students in communicating and interacting with the teachers and friends, and to avoid misunderstanding both in verbal communication and in giving teaching materials. Furthermore, they also welcome the L1 (Bahasa Sunda) and they have positive perception toward the use Bahasa Sunda in English language learning. In view of this, the use of both their L1 and L2 should be balanced.

 


Keywords


First language

Full Text:

PDF

References


Alshehri, E. (2017). Using Learners’ First Language in EFL Classrooms. IAFOR Journal of Language Learning, 3(1), 20–33. https://doi.org/10.22492/ijll.3.1.02

Brown, D. (2007). Principes of Language Learning and Teaching Fifth Edition (5th ed.). New York: Pearson Education.

Buyukyazi, M. S. & M. (2011). 1st International Conference on Foreign Language Teaching and Applied Linguistics Politics of English in the Arabian Gulf 1st International Conference on Foreign Language Teaching and Applied Linguistics May 5-7 2011 Sarajevo. Conference on Foreign Language Teaching and Applied Linguistics, (1989), 60–66. https://doi.org/10.1007/s12555-012-0213-z

Ghorbani, A. (2011). First language use in foreign language classroom discourse. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1654–1659. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.408

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Learning. England: Pearson Education Limited.

Haryanto, E., Sulistiyo, U., Khairani, M., & Wulan, R. (2016). Indonesian or English? EFL Student Teachers’ Preference and Perception on the Language Use in the Classroom. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 46–59. https://doi.org/10.15408/ijee.v3i1.3941

Khati, A. R. (2012). When and Why of Mother Tongue Use in English Classrooms. Journal of NELTA, 16(1–2), 42–51. https://doi.org/10.3126/nelta.v16i1-2.6128

Maharani, T., & Astuti, E. S. (2018). Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121–142. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142

Miles, M. B., Huberman, ;A Michael, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analyisis: A Mathods Sourcebook (3rd ed.). United State of America: SAGE Publications, Inc.

Pardede, P. (2012). The Use of Native Language in ELT Classrooms. Jurnal Dinamika Pendidikan, 5(April), 19–23.

Romero, Y., & Manjarres, M. P. (2017). How Does the First Language Have an Influence on Language Learning? A Case study in an English ESL Classroom. English Language Teaching, 10(7), 123. https://doi.org/10.5539/elt.v10n7p123

Setyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa-Kedua. At Ta’dib, 8(2), 75. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504

Syahid, A. H. (2015). Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native). ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 86–97. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1797

Zakaria, F. (2017). the Role of First Language in Efl Classroom. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 373–383. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.484


Article Metrics

Abstract view : 442 times
PDF - 4 times

DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.10.1.2020.45-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Foreign Language and Culture,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: